4 Harapan Pengemban Amanah Kepada Pengurus Yayasan dan Ikhwan TQN Suryalaya

Tasikmalaya – Sebelum pelaksanaan Manaqib Syekh Abdul Qadir al-Jailani (qs) bulan Jumadil Akhir 1440 H di Pontren Suryalaya Sabtu (16/2), YSB (Yayasan Serba Bakti) Pusat melantik Pengurus Perwakilan Banyumas dan Cilacap.

Surat keputusan yang dibacakan oleh Sekum H. Edi Karman S.Ag., mengukuhkan Bambang Darsono sebagai Ketua Pengurus Harian Perwakilan Banyumas dan Muh. Mahasin Ketua Pengurus Harian Perwakilan Cilacap Periode 2019 – 2024.

Ketua Majelis Pembina YSB Pontren Suryalaya KH. Zaenal Abidin Anwar mengucapkan syukur alhamdulillah dan menyampaikan ucapan selamat kepada pengurus yang baru saja dilantik. “Semoga dapat melaksanakan amanat ini dengan sebaik-baiknya dilandasi rasa tulus, ikhlas lillahi ta’ala,” demikian seperti yang dibacakan oleh putra bungsu Pangersa Abah Anom H. Akhmad Masykur Firdaus Ar.

Pengurus Banyumas & Cilacap menerima ucapan selamat dari pengurus pusat. (foto: suryalaya.org)

Ajengan Njen panggilan akrab KH. Zaenal Abidin Anwar mengajak pengurus yang baru dilantik menyimak dan menghayati salah satu maklumat Hadratus Syekh KH. Ahmad Shahibul Wafa Tajul ‘Arifin (qs). Maklumat yang dimaksud adalah maklumat Nomor: 01.PPS.V.2002 yang ditulis dan tandatangi pada tanggal 4 Rabiul Awal 1423 H, bertepatan dengan 17 Mei 2002.

Ada 5 himbauan Pangersa Abah dalam maklumat tersebut. Ajengan Njen mengulas point terakhir:

“Menjaga diri agar tidak berbuat yang bertentangan dengan petunjuk, pedoman, tuntunan, bimbingan dan pengajaran yang telah ditetapkan dalam amalan TQN Pontren Suryalaya, baik dilakukan secara sendiri-sendiri maupun secara organisasi. Bagi mereka yang melakukan penyimpangan atau perekayasaan terhadapnya maka Abah tidak bertanggung jawab dan segala akibat yang ditimbulkannya menjadi tanggung jawab yang bersangkutan.” 

Abah Sepuh dan Abah Anom

Pengemban amanah dan sesepuh Pontren Suryalaya juga mengingatkan ikhwan dan akhwat tetap istiqamah dalam mengamalkan amaliah sesuai yang telah digariskan oleh syekh mursyid. Termasuk tetap berpegang teguh kepada tanbih wasiat Abah Sepuh.

“Oleh karena itu pengurus YSB Pontren Suryalaya harus lebih memahami dan menghayati maklumat Pangersa Abah Anom dengan baik dan benar. Berkhidmah kepada Pangersa Abah Anom termasuk kepada yayasan melalui pelaksanaan rangkaian ibadah amaliah TQN dengan rasa tulus, ikhlas dilandasi rasa syukur kepada Allah SWT.”

Menurut Ajengan Njen jika tidak dilandasi rasa tulus dan ikhlas akan menyebabkan hancurnya amaliah ibadah selama ini. “Oleh karena itu kita senantiasa berpegang teguh kepada tali Allah, wa’tashimu bi hablillah dengan tetap qalbu kita tersambung kepada Pangersa Abah Anom.”

Pengemban Amanah KH. Zaenal Abidin Anwar menerima kunjungan Pak Guru Zuki. (foto: Zakri)

Ada 4 harapan yang disampaikan Ketua Majelis Pembina;

  1. Kepada pengurus yang baru saja dilantik dapat bekerja dengan niat yang tulus, ikhlas, jujur dan bertanggung jawab serta mampu menjalin kerjasama yang baik dengan berbagai komponen yang ada di daerah.
  2. Kepada pengurus lama, terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas jasa baik dan pengabdian selama ini yang telah diberikan untuk kemajuan Pontren Suryalaya. Semoga kebaikan tersebut menjadi amal shaleh dan mendapat balasan yang setimpal dari Allah SWT.
  3. Kepada para ikhwan dan akhwat agar senantiasa berpatisipasi dalam melaksanakan program-program pembangunan yang telah digariskan oleh pemerintah baik pusat maupun daerah. Senantiasa menghayati dan mengamalkan tanbih dalam kehidupan sehari-hari juga mengamalkan dzikrullah yang seragam sebagaimana amanat yang diajarkan pada waktu ditalqin. Mempelajari buku-buku yang diterbitklan oleh Pangersa Abah Anom sebagai pedoman peningkatan amaliah TQN Pontren Suryalaya.
  4. Kepada pengurus baru, kami menaruh harapan besar bagi kemajuan YSB Pontren Suryalaya. Semoga kepengurusan yayasan ini dan kita semua senantiasa mendapat lindungan, taufik dan hidaya dari Allah SWT.

Diakhir pesannya Ajengan Njen mendoakan semoga kita semua senantiasa memperoleh taufik dan hidayah serta kekuatan lahir dan batin dalam melaksanakan tugas mengembangkan syiar islam melalui amaliah TQN Pontren Suryalaya. (idn)

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...