5 Hal Yang Memicu Kreativitas, Yang Kelima adalah Kuncinya

Era Revolusi Industri kemudian datangnya pandemi memang telah mempercepat proses transformasi digital. Akibatnya sejumlah pekerjaan yang biasa dikerjakan manusia semakin cepat tergantikan oleh mesin.

Menurut penelitian, pekerjaan yang sifatnya pengulangan dan menghafal mulai terus tergerus oleh perkembangan teknologi otomatisasi, robot dan artificial intelligence atau kecerdasan buatan.

Dengan kalimat lain pekerjaan manual yang bersifat repetitif sangat mudah diganti oleh robot. Dan bukan hanya itu, sejumlah pekerjaan baru juga akan terus bermunculan.

Pertanyaan yang muncul kemudian adalah apakah teknologi menggantikan manusia (technology replacing human)? Atau teknologi membantu pekerjaan manusia (technology assisting human)?

Kai-Fu Lee, seorang pakar kecerdasan buatan (Artificial Intelligent) memperkirakan dalam 15 tahun ke depan setengah pekerjaan manusia akan diambil alih oleh AI dan otomatisasi.

Kendati ada pergeseran dan pembagian tugas antara mesin dan manusia. Ada keterampilan manusia yang tidak mudah digantikan oleh mesin, misalnya kreativitas.

Lalu hal apa saja yang bisa meningkatkan kreativitas?

Membaca Lebih Banyak
Membaca membuat Anda menambah wawasan, mengunduh inspirasi dan mendapat ide baru. Membaca juga bisa membuka cakrawala baru serta menggali ide baru dengan mengkombinasikan berbagai hal yang sudah diketahui. Membaca dari berbagai treferensi membantu Anda untuk meningkatkan proses berpikir dan menumbuhkan inovasi. (Foto: Nappy)
Melakukan Traveling
Melakukan aktivitas di luar rumah seperti menikmati alam, menjelajahi daerah baru bisa menambah daya kreativitas. Karena saat traveling Anda jadi belajar dan berpikir hal yang baru misalnya tradisi, bahasa dan kebudayaan suatu daerah serta sajian kulinernya. Ataupun dipaksa berpikir kreatif untuk mengatasi problem yang ditemui. (Foto: Porapak Apichodilok)
Mencoba Hal ataupun Hobi Baru
Berani menjajal hal baru akan memicu kreativitas. Saat mencoba hal yang baru Anda akan mendapatkan pengalaman dan sudut pandang yang baru. Anda berkesempatan untuk mengeksplore diri lebih jauh dan mendapatkan ide-ide segar. Serta bisa menambah teman baru yang bisa memperkaya potensi Anda. (Foto: Wendy Wei)
Mengobrol
Obrolan santai sering kali mencetuskan ide spontan yang tak diprediksi sebelumnya. Ide dan inovasi itu tak jarang jika dieksekusi bisa menghasilkan sesuatu yang luar biasa. Lewat cerita tersirat hal-hal baru yang jika dieksplorasi bisa jadi hal yang bernilai. Jangan abaikan cerita atau pun obrolan dengan orang lain. (Foto: Nappy)
Membersihkan diri secara Lahir Batin
Dzikir adalah alat untuk membersihkan diri dan menyucikan qalbu. Qalbu sebagai pusat ruhani manusia bukan hanya sebagai wadah yang jika dibersihkan akan menampakkan ide dan kreativitas yang tanpa batas. Tapi qalbu juga merupakan alat untuk mengunduh berbagai inspirasi dan pencerahan serta penyingkapan tabir rahasia dari Allah Swt. (Foto: Hendra)
Rekomendasi
Komentar
Loading...