5 Kata Kunci Dasar Menjadi Seorang Leader

Salah seorang ikhwan TQN Arifin Ardi yang juga CEO dari Fortuna Argatech tengah mengikuti Grounded Leadership Coaching XIII.

Dalam kegiatan yang berlangsung selama lima hari sejak Selasa hingga Sabtu 21-25 September 2021, lulusan Fakultas Teknik UGM itu membagikan catatannya. Menurutnya ada lima kata kunci dasar menjadi seorang Leader.

1. Risk Taker

Hal penting yang sangat mendasar tentang bagaimana seorang leader ialah mengambil keputusan besar yang beresiko, namun terukur. Keputusan yang tepat, dan terukur akan menghasilkan lompatan yang sangat besar untuk sebuah bisnis.

2. Agility

Adalah kemampuan seorang leader untuk lincah bergerak ke multi arah serta mampu memanfaatkan berbagai peluang bahkan saat kondisi sebagian besar terpuruk. Contoh paling nyata adalah saat pendemi sekarang ini.

3. Competitiveness

Yaitu kemampuan berkompetisi dan memenangkannya. Jelas seorang pemimpin harus memiliki sifat ini dan bagaimana dia menyampaikannya kepada seluruh stake holder serta resources yang dimilikinya. Baca juga…

4. Bottom Line

Ialah fokus dengan 5 pertanyaan mendasar (5W +1 H) yang harus ditanyakan setiap periodik kepada seluruh lini bisnis. Juga dengan terus melakukan controlling, evaluasi atau review, coaching, planning, serta schedulling secara ketat.

5. Extreme Scale Up

Yaitu kemampuan seorang leader untuk membangun ekosistem bertumbuh, serta perubahan extrem dalam sebuah tim. Menciptakan suasana bahagia dan selalu optimis. Bukan hanya demi keberlangsungan bisnis itu, namun bisnis tersebut terus bertumbuh dan beroperasi dalam skala besar.

#leader #fortunaargatech #arifinardi

Rekomendasi
Komentar
Loading...