5 Rekomendasi Podcast Tasawuf yang Wajib Kamu Dengerin

Podcast adalah istilah yang pertama kali dikenalkan oleh pengguna iPod. Gabungan dari iPod dan broadcasting . Media audio yang mirip radio ini mulai banyak digandrungi anak-anak muda di seluruh dunia. Termasuk di Indonesia.

Beragam konten telah hadir dan bisa diakses lewat aplikasi seperti Spotify, Soundcloud maupun aplikasi khusus podcast seperti Anchor dan Castbox.

Nah kamu yang gemar menyimak kajian keagamaan khususnya tasawuf, berikut 5 rekomendasi podcast yang wajib kamu dengerin.

1. Podcast Tasawuf

Rekomendasi pertama adalah podcast tasawuf milik portal media tarekat terbesar di Indonesia, TQNNews. Portal informasi dan berita tarekat di nusantara ini terbilang sukses mengembangkan dakwah melalui berbagai kanal media sosial. TQNNews masuk ke dunia podcast untuk merambah dan membidik segmen anak muda usia 18 sampai dengan 25 tahun.

Kamu bisa menemukan kajian tasawuf yang inspiratif dan edukatif berkenaan dengan amaliah TQN Pontren Suryalaya dan pengamalannya dalam kehidupan sehari-hari. Dibawakan dengan asyik dan santai tanpa mengurangi esensi. Podcast tasawuf termasuk paling aktif dan rutin mengisi konten tasawuf from A to Z. Sudah menghasilkan 54 episode.

2. Membaca Puisi

Podcast milik Eveline Ramadhini ini cukup unik. Ia membacakan puisi, cerpen, cerita dan kisah-kisah bernuansa tasawuf. Kamu akan dibawa ke alam cerita yang sedang disampaikan Eveline. Inilah kekuatannya.

Selepas pulang kerja, jelang istirahat coba deh kamu simak podcast membaca puisi. Tenang dan menenangkan. Banyak kisah inspiratif, mulai tentang keluarga, hingga kisah nabi. Kamu juga bisa mendengarkan pembacaan karya ulama besar seperti Gus Mus dan Cak Nun.

3. Nuralwala

Rekomendasi ketiga adalah Podcast Nuralwala. Nuralwala adalah sebuah lembaga edukasi yang bersifat daring dan luring. Lembaga ini bergerak dalam bidang edukasi tasawuf atau dimensi esoteris (batin) Islam, dan sedapat mungkin mempromosikan visi Islam yang berorientasi cinta, sebagai alternatif cara pandang dalam beragama (Islam) yang sejalan dengan budaya keislaman di Indonesia.

Di Nuralwala kamu bisa menemukan kajian-kajian yang disampaikan Haidar Bagir dan Husain Heriyanto. Kajian yang disampaikan tentang pemikiran Cak Nur, Ibn ‘Arabi, Al-Hikam. Disampaikan dengan ringkas dan jelas.

4. Perspektif Tasawuf

Kita perlu berterima kasih kepada Reza Ravasia. Podcast miliknya berisi kumpulan, kajian, dakwah dan ulasan yang disampaikan KH Said Aqil Siradj, Gus Baha, Dr. Fahruddin Faiz, Agus Mustofa, KH Buya Syakur Yasin MA.

Kamu juga bisa menemukan kajian dan falsafah hidup orang-orang besar di Podcast Perspektif Tasawuf. Konten-kontennya cukup beragam dan sangat menarik.

5. Wahyudin Atta Podcast

Rekomendasi terakhir adalah podcast milik pengamal TQN Pontren Suryalaya, Wahyudin Atta. Ustadz muda yang aktif di Lembaga Dakwah TQN Jakarta ini terbilang kreatif dalam mengembangkan dakwah tarekat di perkotaan. Selain medsos seperti IG, FB dan youtube, Wahyudin kini masuk ke dunia podcast.

Kontennya berisi kajian ulama-ulama tasawuf seperti KH. Wahfiudin Sakam, dan KH Zezen ZA Bazul Asyhab. Kamu juga bisa mendengarkan ulasan tentang amaliah tarekat khususnya TQN Pontren Suryalaya.

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...