5 Tips Dari British Council Untuk Wawancara Kerja

Jakarta – Wawancara kerja kadang masih menjadi hal yang mendebarkan, terutama bagi pencari kerja yang baru lulus kuliah. Bukan hanya CV yang diperhatikan, setiap gerak-gerik yang ditampilkan dan komunikasi yang disampaikan menjadi perhatian tim HRD.

Mulai sekarang jangan khawatir!. Susan dari British Council Indonesia membagikan 5 tips sederhana yang akan membuat HRD terpikat.

1. Riset, riset, riset. Sebelum wawancara pastikan Anda tidak hanya meriset tentang deskripsi kerja, tetapi juga visi dan misi perusahaan. Selain itu jangan hanya terpaku dengan kekuatan Anda tetapi bagaimana kekuatan tersebut dapat membantu perusahaan mencapai gol mereka.

2. Bersikaplah apa adanya. Katakan dengan jujur jika anda tidak mengetahui atas pertanyaan yang diajukan. Perusahaan perekrut lebih memilih merekrut individu yang ingin belajar, alih-alih individu yang berpura-pura tahu segalanya.

3. Manfaatkan jaringan Anda. Jika anda mengenal seseorang yang bekerja di perusahaan tersebut, tanyakan pengalaman wawancara kerjanya. Mengingat setiap organisasi memiliki kultur wawancara yang unik. Mendengar pengalaman wawancara dari individu tersebut tentu akan bermanfaat bagi Anda.

4. Ceritakan pencapain anda dengan spesifik. Memberitahukan bahwa anda berhasil, memelihara hubungan  dengan klien memaang baik, tetapi menginformasikan bahwa Anda memiliki tingkat retensi klien sebesar 98% lebih baik.

5. Utarakan hanya hal-hal positif terkait pekerjaan terakhir Anda. Hal terakhir yang ingin didengar pewawancara adalah apakah anda menjelek-jelekkan mantan bos anda atau rekan kerja anda. (dn)

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...