7 Manfaat Mengenali Diri Lebih Baik

Orang yang berakal itu menjadikan Allah di setiap awal dan akhir pikirannya

Imam Al Ghazali dalam kitab Maarijul Qudsi fi Madariji Ma’rifatin Nafsi mengatakan sudah selayaknya orang yang berakal itu menjadikan Allah di setiap awal dan akhir pikirannya serta menjiwai setiap buah pikirnya.

Manusia dengan akalnya tersebut menjelalajahi area kerajaan dan ayat-tanda-tanda kekuasaan-Nya yang berserakan di alam raya. Termasuk diri manusia yang menjadi jejak paling nyata akan tajalli-Nya.

سَنُرِيْهِمْ اٰيٰتِنَا فِى الْاٰفَاقِ وَفِيْٓ اَنْفُسِهِمْ حَتّٰى يَتَبَيَّنَ لَهُمْ اَنَّهُ الْحَقُّۗ اَوَلَمْ يَكْفِ بِرَبِّكَ اَنَّهٗ عَلٰى كُلِّ شَيْءٍ شَهِيْدٌ

Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kebesaran) Kami di segenap penjuru dan pada diri mereka sendiri, sehingga jelaslah bagi mereka bahwa Al-Qur’an itu adalah benar. Tidak cukupkah (bagi kamu) bahwa Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu? (Fusshilat: 53).

Imam Ghazali mengutip sabdanya, siapa yang mengenal dirinya maka dia mengenal Tuhan-nya. Yang paling mengenal dirinya dia lah yang paling mengenal Tuhan-nya. Itu sebabnya banyak ayat yang menganjurkan manusia untuk mengenal dirinya.

وَفِى الْاَرْضِ اٰيٰتٌ لِّلْمُوْقِنِيْنَۙ وَفِيْٓ اَنْفُسِكُمْ ۗ اَفَلَا تُبْصِرُوْنَ

Dan di bumi terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang-orang yang yakin, dan (juga) pada dirimu sendiri. Maka apakah kamu tidak memperhatikan? (Adz Dzariyat: 20-21).

Lalu apa manfaat dari mengenal diri selain dari yang utama yakni mengenal Tuhan-nya?

Upgrade dan Mengenal Potensi Diri
Ilustrasi. (Foto: FreePik)

Manusia dibekali potensi yang luar biasa pada dirinya. Potensi itu harus disyukuri, dan cara mensyukurinya ialah dengan mempergunakan potensi itu sebaik-baiknya.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi