7 Skill Yang Sangat Berguna Untukmu Memulai Bisnis

Tidak semua orang mengikhlaskan diri menjadi seorang pebisnis. Karena biasanya ada saja hal-hal yang menghalangi seseorang untuk jadi menjadi pebisnis.

Halangan itu mulai dari tidak tahu harus mulai dari mana, merasa tidak memiliki modal yang cukup, menunggu waktu yang tepat, hingga takut gagal ketika berbisnis.

Namun, kamu tidak perlu khawatir, karena ada skill yang kalau kamu miliki sangat berpotensi untuk sukses dalam berbisnis apapun. Lalu skill seperti apa yang sangat berguna ketika menekuni bisnis?

Pertama, akhlak yang baik dan sopan santun (attitude)
Bisnis dalam Islam adalah interaksi (muamalah) yang sesai dengan nilai-nilai syariah. Dan salah satu yang paling esensial dalam muamalah itu ialah memiliki perilaku yang baik (good attitude). Sehingga bisnis apapun yang digeluti diridhai Allah dan tidak menyebabkan kerugian pada manusia dan menimbulkan kerusakan bagi lingkungan. (Foto: FreePik)
Kedua, manajeman waktu (time management)
Tanpa pengelolaan waktu yang baik, bisnis bisa berjalan tapi cenderung negatif dan sulit untuk berkembang. Manajemen waktu adalah kebutuhan asasi bagi yang masuk dalam dunia bisnis. (Foto: FreePik)
Ketiga, punya tujuan (visi) yang jelas dan tekad yang kuat (clear goals & strong determination)
Tujuan yang jelas akan mengarahkan energi pada jalur yang tepat. Serta menepiskan aneka keraguan dan kebimbangan dalam memutuskan sesuatu. Adanya visi yang kuat membuatmu jadi lebih berenergi karena selalu ingat apa tujuan yang hendak diraih. Dan bagi seorang muslim visinya melampaui kesuksesan duniawi tapi juga sukses di akhirat. (Foto: FreePik)

Tanpa tekad yang kuat, sulit mewujudkan cita-cita. Bisnis pun demikian, hanya bisa dijalankan oleh mereka yang memiliki tekad yang kuat. Tekad yang kuat adalah energi untuk tetap survive dalam kondisi sulit sekalipun.

Keempat, berkomunikasi dengan baik (good communication)
Dalam bisnis selalu terjadi pertukaran informasi, ide dan gagasan melalui aneka saluran. Sehingga komunikasi yang efektif dan baik menjadi sangat penting baik dalam internal maupun eksternal bisnis. Komunikasi yang efektif adalah penentu budaya bisnis yang dibangun dan meningkatkan produktivitas serta meningkatkan kepuasan pelanggan. Gagal dalam komunikasi bisa membuat organisasi bisnis carut marut. (Foto: FreePik)
Kelima, bisa mendelegasikan pekerjaan (delegating work)

Delegasi pekerjaan adalah salah satu kunci memaksimalkan produktivitas. Bagaimana memilih orang yang tepat untuk tugas tertentu, memberi petunjuk, hingga melatih orang lain melatih skill baru. Sehingga kamu tidak terlalu lelah mengerjakan semuanya sendiri. Di sini juga kamu belajar untuk percaya pada orang lain dan bisa mengerjakan hal lainnnya.

Keenam, membangun relasi (build relationships)
Bisnis atau apapun aktivitasnya tidak bisa berjalan sendiri tanpa keterlibatan pihak lain. Maka mau tidak mau, membangun relasi adalah kunci dalam rangka membangun bisnis dan karir yang sukses. Terlebih saat ini adalah eranya kolaborasi yang positif. (Foto: FreePik)
Ketujuh, keterampilan berinovasi dan beradaptasi (innovating skills & adaptability)
Perubahan yang cepat di era transformasi digital menuntut siapapun untuk mau belajar hal baru. Menambah skill baru dan mengembangkan skill yang dimiliki bukan lagi pilihan. (Foto: FreePik)

Inovasi penting dilakukan oleh setiap bisnis baik skala kecil, sedang atau pun besar. Inovasi dilakukan untuk mengikuti perkembangan zaman sehingga bisnis baik produk maupun jasa tetap relevan. Karena perubahan adalah keniscayaan, tanpa ikut berubah bisnis akan mati tergilas perubahan. Itu sebabnya adaptasi adalah keyword bagi bisnis yang ingin tetap survive dan berkembang.

Rekomendasi
Komentar
Loading...