7 Tren Teknologi di 2021

Bagi sebagian orang, sisi positif Covid-19 ialah menjadi booster terhebat bagi masyarakat global untuk melakukan percepatan digital transformation.

Pandemi dan transformasi digital mengubah cara dan startegi dalam kehidupan. Hingga membentuk new regulation (regulasi baru), new habit (kebiasaan baru), hingga new civilization (peradaban baru).

Perubahan itu tentu tidak bisa dilepaskan dari perkembangan teknologi. Lalu kira-kira tren teknologi seperti apa yang akan berkembang di tahun 2021? Sebagaimana dikutip dari narasitech, ada tujuh macam teknologi yang akan berkembang lebih pesat lagi.

Pertama, Artificial Intelligence
AI adalah simulasi kecerdasan dalam mesin yang diprogram untuk berpikir seperti manusia dan meniru tindakannya. Kemampuan AI ialah untuk merasionalisasi dan mengambil tindakan yang memiliki peluang terbaik untuk mencapai tujuan tertentu. (Foto: FreePik)
Kedua, Cybersecurity
Teknologi yang kian melekat pada kehidupan manusia, membuat risiko mengalami kejahatan cyber pun semakin meningkat. Dari sini sangat penting adanya cybersecurity yang mengatasi, memprediksi, memproteksi dan mempersiapkan langkah kontrol agar terhindar dari kejahatan cyber. (Foto: FreePik)
Ketiga, Telehealth
Telehealth merupakan inovasi baru di bidang kesehatan, yang menyediakan pengobatan dan konsultasi jarak jauh antara pasien dengan dokter. Hal ini akan membawa kemudahan terutama di bidang kesehatan. (Foto: FreePik)
Keempat, Hyperautomation
Hyperautomation merujuk pada penerapan teknologi yang akan bekerja secara otomatis. Tren ini muncul sejalan dengan tuntutan proses bisnis digital yang harus berjalan secara efektif dan efisien. Sekaligus agar dapat menyeimbangkan bisnis dengan perkembangannya yang sangat pesat. (Foto: FreePik)
Kelima, 5G
Semua hal kini terhubung dengan internet. Kemajuan-kemajuan teknologi didukung penuh dengan adanya 5G di tahun 2021. 5G adalah sambungan internet generasi kelima yang lebih cepat dengan jangkauan yang lebih luas dan koneksi yang lebih stabil. (Foto: FreePik)
Keenam, Contactless Delivery
Tatanan baru di masa covid 19 ini memaksa berbagai pihak untuk melakukan penyesuaian dengan peraturan protokol kesehatan yang berlaku. Berbagai inovasi dalam penyesuaian pun muncul salah satunya adalah Contactless Delivery, di mana jasa pengiriman barang tidak lagi harus bertemu secara langsung. Penerima hanya perlu mengirimkan foto sebagai bukti pengiriman. (Foto: FreePik)
Ketujuh, Cloud Computing
Layanan cloud computing sendiri membantu berbagai hal mulai dari pelacakan pengiriman logistik, remote medicine, hingga bekerja dan belajar dari rumah. Cloud computing salah satu teknologi yang sangat cocok untuk beradaptasi di masa pandemi dalam penerapan dan pemanfaatan teknologi. Tren ini juga telah melakukan revolusi dalam berbagai bidang. (Foto: FreePik)

Tren dan perkembangan teknologi memang bisa membuat kehidupan menjadi lebih mudah. Namun, jangan sampai membuat lalai (ghaflah).

Lalai sehingga tidak mampu beradaptasi terhadap perubahan tersebut, maupun lalai dalam pemanfaatan dan penggunaannya. Terlebih lalai dari dzikrullah yang banyak menyebabkan kerugian. Di sinilah pentingnya kebijaksanaan dan mindful dalam menggunakan teknologi.

Rekomendasi
Komentar
Loading...