8 Tipologi Masjid di Indonesia, Ini Perbedaannya!

Masjid dikenal juga dengan baitullah atau rumah Allah di atas bumi. Nabi Muhammad Saw menganjurkan umat Islam untuk membangun masjid. Sebagaimana sabda beliau, “siapa yang membangun masjid karena Allah, maka Allah akan membangunkan baginya yang semisal di surga,” (HR. Muslim).

Kalau dilihat dalam sejarah, aktivitas awal Nabi Muhammad saat hijrah ke Madinah ialah membangun masjid. Masjid di masa nabi memiliki aneka fungsi mulai dari fungsi ibadah, pengajaran, pendidikan, sosial, ekonomi, kesehatan, menjadi pusat kegiatan umat dan lain sebagainya. Ini menandakan betapa pentingnya peran masjid di dalam Islam.

Baca juga: Masjid Beradaptasi Masjid Bertransformasi

Indonesia memiliki ratusan ribu masjid yang tersebar di berbagai pelosok negeri. Masjid-masjid tersebut memiliki tipologi, ada yang masuk kategori Masjid Raya, Masjid Agung, Masjid Jami’ dan lain sebagainya. Lalu apa perbedaan tipologi antar masjid satu dengan masjid lainnya, yuk dilihat berikut ini sebagaimana rilis Bimas Islam Kemenag RI.

Masjid Negara

Masjid yang berada di Ibu Kota Negara Indonesia, menjadi pusat kegiatan keagamaan tingkat kenegaraan.

Masjid Nasional

Masjid yang berada di Ibu Kota Provinsi uang ditetapkan oleh Menteri Agama sebagai Masjid Nasional dan menjadi pusat kegiatan keagamaan tingkat Pemerintahan Provinsi.

Masjid Raya

Masjid yang berada di Ibu Kota Provinsi, ditetapkan oleh Gubernur atas rekomendasi Ka. Kanwil Kementerian Agama Provinsi sebagai Masjid Raya, menjadi pusat kegiatan keagamaan tingkat Provinsi.

Masjid Agung

Masjid yang berada di Ibu Kota Kabupaten/Kota, ditetapkan oleh Bupati/Walikota atas rekomendasi Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten/Kota, menjadi pusat kegiatan keagamaan Pemerintah dan masyarakat muslim di wilayah Kabupaten/Kota.

Baca juga: Waktunya Kampanyekan Lingkungan Melalui Mimbar Masjid dan Mimbar Digital

Masjid Besar

Masjid yang berada di Kecamatan, ditetapkan oleh Pemerintah Daerah setingkat Camat atas rekomendasi Kepala KUA Kecamatan sebagai Masjid Besar, menjadi pusat kegiatan sosial keagamaan di wilayah Kecamatan.

Masjid Jami’

Masjid yang terletak di pusat pemukiman di wilayah pedesaan/kelurahan, dan menjadi pusat kegiatan sosial dan keagamaan masyarakat di wilayah pemukiman desa/kelurahan.

Masjid Bersejarah

Masjid yang berada di kawasan peninggalan Kerajaan/Wali penyebar Agama Islam memiliki nilai besar dalam sejarah perjuangan bangsa. Dibangun oleh para Raja/Kesultanan/para Wali penyebar agama Islam serta para pejuang kemerdekaan.

Masjid di Tempat Publik

Masjid yang terletak di Kawasan publik untuk memfasilitasi masyarakat dalam melaksanakan ibadah.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi