Agar Didoakan Semua Makhluk

Didoakan orang lain adalah suatu kebaikan, semakin banyak didoakan maka akan semakin baik. Terlebih doa yang dimohonkan kepada Allah Swt tersebut memuat kebaikan dan manfaat di dunia maupun akhirat.

Doa adalah senjatanya orang beriman, jalan keselamatan dari bencana, sebab turunnya kenikmatan dan terhindar dari siksaan, pengantar kebaikan, harapan bagi orang yang terzalimi, menjadi sebab terpenuhinya kebutuhan.

Tentu lebih diharapkan manfaat dari doa yang ikhlas dari pihak lain, ketimbang doa dari diri sendiri yang mungkin terselip kelalaian dan jauh dari ketulusan. Itu sebabnya kita dianjurkan untuk minta didoakan oleh orang lain. Baca juga…

Kendati demikian, Nabi Muhammad Saw memberikan tips bagaimana agar kita senantiasa didoakan oleh semua makhluk, termasuk penghuni langit dan penghuni bumi.

إِنَّ اللَّهَ، وَمَلَائِكَتَهُ، وَأَهْلَ السَّمَاوَاتِ، وَالْأَرَضِينَ، حَتَّى النَّمْلَةَ فِي جُحْرِهَا، وَحَتَّى الْحُوتَ ؛ لَيُصَلُّونَ عَلَى مُعَلِّمِ النَّاسِ الْخَيْرَ

Sesungguhnya Allah, malaikat, penghuni langit dan bumi, hingga semut di lubangnya, termasuk juga ikan paus, semua mendoakan mereka yang mengajarkan kebaikan kepada manusia. (HR. Tirmidzi).

Orang yang mengajarkan kebaikan akan mendapat rahmat Allah Swt. Bila seseorang mengajarkan kebaikan maka semua orang termasuk malaikat dan hewan ikut mendoakannya.

Doa ini berhak didapat orang yang mengajarkan kebaikan. Maksudnya ialah orang yang mengajarkan ilmu yang bisa menyelamatkan seseorang serta sampai pada kebaikan. Dikatakan bahwa kebaikan ini adalah ilmu agama dan hal lain yang bisa mengantar pada keselamatan manusia di dunia dan di akhirat.

#doa #makhluk #akhirat

Rekomendasi
Komentar
Loading...