Ajengan Mustopa: Ada 3 Program Awal Kembangkan TQN di Kota Banjar

Ajengan Mustopa: Ada 3 Program Awal Kembangkan TQN di Kota Banjar

Banjar – H. AM Mustopa  telah resmi dilantik sebagai Ketua Lembaga Dakwah TQN (LD TQN) Kota Banjar Jumat kemarin (2/11). Pelantikan yang diadakan di kantor sekretariat perwakilan Kota Banjar dihadiri juga oleh Ketua Umum LD TQN Dr. Muhammad Kodir M.Si., juga beberapa Pengurus Pusat Yayasan Serba Bakti (YSB) Pontren Suryalaya.

Menghadapi tantangan dakwah yang semakin besar Ajengan Mustopa telah menyiapkan 3 program awal untuk memperkuat dan mengembangkan dakwah TQN Suryalaya. Yang pertama adalah membentuk pembantu perwakilan. “Kita akan banyak terjun ke daerah-daerah (red: kecamatan) untuk membentuk dan mengembangkan pembantu perwakilan,” katanya kepada redaksi melalui sambungan telpon.

Menurutnya dengan terbentuknya pembantu perwakilan akan memudahkan pengurus melakukan program kedua yaitu pendataan ikhwan dan akhwat. Ajengan Mustopa berencana untuk meningkatkan kemampuan pengurus dalam mengelola dan mengembangkan organisasi sesuai dengan zamannya. “Insya Allah kita akan data berapa banyak ikhwan yang ada di Banjar, berapa yang aktif dan bagaimana latar belakangnya,” ujarnya.

Program ketiga adalah pembinaan keseragaman amaliyah. “Kami akan mengumpulkan para pemangku manaqib untuk memberikan penyuluhan tentang amaliyah,” sambung ia menjelaskan. Menurutnya kantor sekretariat akan lebih dimaksimalkan untuk melakukan koordinasi dengan pengurus dan pemangku manaqib. “Program ini bisa berjalan beriringan dengan pendataan ikhwan dan akhwat.”

Ia menceritakan jika pengurus telah memiliki kantor sekretariat seluas 50 tombak (red: sekitar 700 m2) di Jl. Pegadaian N0. 29. Selain digunakan sebagai kantor, ada juga aula yang cukup luas untuk manaqib dan kamar-kamar yang disiapkan untuk mubalig. “Proses pembangunan swadaya masyarakat. Baru satu lantai, Insya Allah akan kita bikin dua lantai,” harapnya.

Ajengan Mustopa mengingatkan selaku khadim Pangersa Abah harus total melayani ikhwan. “Terus berkhidmat, lakukan yang terbaik dan jaga amaliyah yang telah diberikan mursyid. Insya Allah berkah dan karamah mengalir kepada kita.” (Idn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.