Al Qur’an Menganjurkan Manusia Saling Bekerja Sama dan Berkolaborasi

Dalam Islam, bekerja sama amatlah dianjurkan bahkan merupakan kebutuhan manusia. Manusia bekerja sama untuk mewujudkan hidup yang harmonis demi membangun peradaban.

Manusia perlu bekerja sama dan berkolaborasi untuk memenuhi aneka kebutuhannya. Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa sendirian menyelesaikan problem sosial, problem lingkungan, problem ekonomi dan problem kehidupan lainnya.

Jika berkaca pada al Qur’an, sering kali kita temukan redaksinya menggunakan kata “kami”. “Sungguh, Kami telah menciptakan manusia dalam bentuk yang sebaik-baiknya, (At-Tin: 4). “Kamilah yang memberi rezeki kepada mereka dan kepadamu.” (Al-Isra’: 31).

Hal ini mengisyaratkan bahwa dalam perbuatan dan aktivitas-Nya itu Allah turut melibatkan manusia. Allah menyatakan “kami” dalam surah At Tin karena dalam penciptaan manusia itu ada turut andil ayah dan ibu yang menjadi perantara lahirnya manusia. Sedangkan dalam ayat berikutnya, karena dalam memperoleh rezeki manusia harus terlibat bahkan kalau perlu bekerja sama.

Bahkan meski shalat sendirian, kita tetap membaca “Hanya kepada Engkaulah kami menyembah dan hanya kepada Engkaulah kami mohon pertolongan.” (Al-Fatihah: 5).

Allah Takdirkan Adanya Keunggulan Masing-Masing

Manusia perlu bekerja sama dan berkolaborasi karena masing-masing manusia memiliki potensi dan kelebihan. Sehingga sebagian yang satu dengan sebagain lainnya saling memanfaatkan dan saling memberdayakan.

“Apakah mereka yang membagi-bagi rahmat Tuhanmu? Kamilah yang menentukan penghidupan mereka dalam kehidupan dunia, dan Kami telah meninggikan sebagian mereka atas sebagian yang lain beberapa derajat, agar sebagian mereka dapat memanfaatkan sebagian yang lain. Dan rahmat Tuhanmu lebih baik dari apa yang mereka kumpulkan.” (Az Zukhruf: 32).

Itu sebabnya manusia perlu saling mengenal satu sama lain. Mengenali kelebihan, potensi, peluang, serta keunggulan masing-masing yang kemudian bisa dikolaborasikan demi tujuan bersama. Karena tanpa adanya saling mengenal yang bisa menumbuhkan kepercayaan dan penghormatan, kerja sama sulit diwujudkan.

“Wahai manusia! Sungguh, Kami telah menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan, kemudian Kami jadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku agar kamu saling mengenal. Sesungguhnya yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa. Sungguh, Allah Maha Mengetahui, Mahateliti.” (Al Hujurat: 13).

Rekomendasi
Komentar
Loading...