Babat Alas Putaran Tasbih di Eropa (4)

Amsterdam – Inti dari amaliyah TQN PP Suryalaya adalah dzikir jahri dan khafiy. Mereka yang telah mendapatkan pembelajaran dzikir (talqin dzikir) telah diijazahkan untuk mengamalkan amaliyah dzikir harian, mingguan dan bulanan, lebih bagus secara berjamaah.

Selain amaliyah, penguatan landasan bertarekat juga perlu diperkuat agar mudah menjawab pertanyaan-pertanyaan yang datang dari orang lain. Bahkan untuk memantapkan diri kita dalam bertarekat. Dua hal itulah yang menjadi concern Kyai Wahfiudin saat melakukan safari dakwah ke Eropa disamping menjalin relasi untuk pengembangan dakwah ke depan, khususnya Belanda dan Jerman.

Selesai bertugas memperkenalkan startup business dalam event Web Summit di Lisbon Portugal, ia melanjutkan perjalanan ke Amsterdam. Di sana, selain menyampaikan kajian tasawuf dan memimpin amaliyah dzikir, Sekretaris Lembaga Dakwah PBNU ini menghadiri pertemuan dengan beberapa komunitas muslim.

PPME (Persatuan Pemuda Muslim se-Eropa) al-Ikhlas Amsterdam kini sangat berbahagia karena telah memiliki masjid sendiri. Sebelumnya selama 12 tahun mereka menyewa tempat. Kedatangan kali ini dimanfaatkan untuk penguatan amaliyah karena mereka telah menerima talqin dzikir tahun lalu.

Kajian yang diadakan di Masjid al-Ikhlas ini dihadiri juga saudara-saudara seiman dari Turki dan Maroko. Dalam paparannya Kyai yang akrab dengan multimedia ini menyegarkan jamaah dengan materi tentang tugas Rasulullah SAW. Ia menekankan pentingnya memiliki mursyid yang menjadi pembimbing. Ia juga menambahkan urgensi dzikrullah sebagai alat untuk membersihkan diri.

Aktifitas lainnya adalah diskusi pengembangan dakwah di Eropa dengan beberapa pengurus dari berbagai komunitas muslim di Belanda dan Jerman. Pengembangan fungsi masjid di Eropa menjadi sesuatu yang sangat strategis. Masjid bukan hanya sekedar tempat shalat, namun juga berfungsi sebagai tempat yang dapat memberikan jawaban atas problematika masyarakat saat ini. Terlebih lagi rasa dahaga spiritual di tengah kehidupan yang materialistik. (Idn)

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...