Begini Cara Generasi Milenial dan Gen Z Punya Penghasilan Lebih dari Satu

Menurut CEO Zap Finance bahwa sebenarnya ada tiga sumber penghasilan

Perencana keuangan Prita Ghozie mengungkap bagaimana cara punya lebih dari satu penghasilan bagi generasi Milenial dan Gen Z.

Pertama, menurut CEO Zap Finance tersebut, kenali dulu bahwa sebenarnya ada tiga sumber penghasilan, yakni earned income alias kerja, passive income dan income dari Portfolio asset. Nah, dari 3 sumber utama tersebut bisa membangunnya dengan tujuh cara.

Pertama, earned income bisa diperoleh dari Main Job. Main Job itu artinya pekerjaan utama yang menjadi pemasukan terbesar dan konsisten. Kata kunci dalam Main Job ini adalah konsisten, pemasukannya konsisten.

Penghasilan konsisten itu seperti karyawan di perusahaan, manajemen di bisnis milik pribadi atau pekerja lepas yang konsisten dengan jasanya. Sejalan dengan konsistensi dan penambahan skills, maka kemungkinan penghasilan pun akan terus menanjak.

Baca juga: 7 Skill Yang Sangat Berguna Untukmu Memulai Bisnis

Kedua, Side-hustle alias sampingan. Side-hustle ini bisa menambah penghasilan. Ciri-cirinya, income bisa naik atau turun secara drastis. Artinya tidak konsisten menjadi sumber penghasilan setiap bulan. Misalnya side-hustle dari jualan online.

Tetapi penulis Make It Happen itu mengatakan, side-hustle itu sah asalkan waktu pengerjaannya tidak boleh di waktu kerja full-time, lalu tidak melanggar aturan main job, selanjutnya tetap etis dan tidak ada conflict of interest (konflik kepentingan).

Ketiga adalah talent. Belakangan ini, asyiknya gig economy (lingkungan kerja yang fleksibel dalam hal jam kerja) zaman sekarang adalah kita bisa menghasilkan dari talenta yang dimiliki. Misalnya menjadi atlet profesional. Ciri utamanya ialah butuh fisik 100% agar pekerjaan bisa berjalan dengan baik. Maka, ada suatu masa produktif sebagai talent, yang harus dimanfaatkan baik-baik.

Selanjutnya, keempat Passive Income dari aset produktif itu bisa didapat dari bisnis. Punya bisnis artinya siap bertanggung jawab juga atas kehidupan orang lain. Karena, orang lain lah yang akan membantu kita running the business. Dari situ, bisa kita dapat penghasilan berupa keuntungan usaha.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi