Cara Membuat Visi Yang Besar dan Kuat

Visi berasal dari kata Vision yang berarti penglihatan. Mudahnya, visi adalah pandangan dan penglihatan tentang tujuan jangka panjang ke depan yang akan dicapai seseorang atau sebuah organisasi atau pun bisnis.

Tak terbayang, jika bisnis, perusahaan atau organisasi tanpa memiliki visi. Berjalan tanpa tujuan, bergerak tanpa tahu sedang menuju ke mana. Bahkan bisa dibilang akan sulit bergerak jika tanpa tujuan yang jelas arahnya ke mana. Itu sebabnya visi menjadi pedoman sebelum Anda melangkah.

Kita bisa belajar misalnya dari Steve Jobs yang memiliki visi ingin mengubah lifestyle orang di dunia menjadi mudah. Atau Walt Disney yang bervisi ingin membuat taman di dunia sehingga orang dewasa yang masuk ke taman itu lupa kalau mereka sudah dewasa.

Visi menjadi landasan dasar dari setiap langkah yang diambil. Visi adalah impian di masa depan yang hendak diraih. Visi juga jadi pedoman bersama dalam menempuh jalan dan rencana yang akan realisasikan. Ini lah yang membuat kedudukan visi menjadi sangat vital.

Bahkan visi inilah yang membuat Anda tetap semangat dan optimis bisa meraih hal diimpikan. Sebesar apapun tantangan dan rintangannya, dengan visi ini Anda akan tetap tersenyum.

Lalu bagaimana cara membuat visi yang kuat dan besar?

Buat Visi Secara Singkat, Jelas dan Padat
Visi biasanya berisi pernyataan singkat dan jelas yang mencakup di dalamnya tujuan dan cita-cita yang akan dicapai serta menarik orang lain untuk ikut mewujudkannya. Itu sebabnya biasanya visi lebih konseptual dan startegis dengan pemikiran yang filosofis.
Tetapkan Jangka Waktu
Apakah 5 tahun, 10 tahun, 20 tahun atau 30 tahun mendatang. Semakin jelas waktu visi tersebut, semakin cepat Anda memulai untuk merencanakan langkah-langkah untuk mewujudkannya.
Berorientasi Masa Depan
Visualisasikanlah pencapaian seperti apa yang akan diraih di masa depan. Tidak berdasarkan apa yang terjadi saat ini. Tuliskan gagasan atau buah pikir yang filosofis itu yang mencakup arah dan tujuan yang akan dicapai.
Memiliki Prinsip dan Nilai
Visi mencakup hal yang lebih umum dan universal. Kendati demikian visi juga memiliki prinsip dan nilai yang sesuai dengan norma yang berlaku di tengah masyarakat. Visi juga tidak bisa dipisahkan dari kehidupan dan realitas kehidupan.

Prinsip yang paling utama dalam visi itu adalah tauhid. Sehingga dalam praktek dan perjalanannya senantiasa dalam track yang diridhai oleh Allah Swt.

Menyangkut visi, Al Quran sudah jauh-jauh hari memerintahkan agar orang yang beriman memiliki visi yang jangkauannya sampai akhirat.

“Wahai orang-orang yang beriman! Bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap orang memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat), dan bertakwalah kepada Allah. Sungguh, Allah Maha Teliti terhadap apa yang kamu kerjakan.” (Al Hasyr: 18).


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi