Dengan Ilmu Amaliah, Kisah Mahasiswa Kasim Arifin Melegenda di IPB

Dia disapa sebagai Antua oleh orang Waimital, sebutan bagi orang yang dihormati di Maluku

Namanya Mohamad Kasim Arifin, dia dipanggil Kasim oleh kawan-kawannya. Seorang mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) yang 15 tahun mengabdi di Waimital, Pulau Seram sampai lupa dia seharusnya wisuda.

Ceritanya, Kasim yang kelahiran Langsa, Aceh 18 April 1938 itu kuliah di Fakultas Pertanian. Pada tahun 1964 dia dikirim oleh fakultasnya untuk program ‘Pengerahan Tenaga Mahasiswa’ (sekarang KKN). Tujuannya Waimital, dan tugasnya memperkenalkan program Panca Usaha Tani.

Tugas itu seharusnya hanya beberapa bulan saja. Tapi yang terjadi dia malah terlibat terlalu dalam pengabdian mengajar para petani Waimital bagaimana meningkatkan hasil tanaman dan ternak mereka.

Walhasil, dia pun lupa untuk pulang ke kampusnya, menyelesaikan skripsinya. Bukan setahun dua tahun pula, tapi 15 tahun.

Di Waimital Kasim dengan tulus mengamalkan ilmunya yang didapat di kampus untuk menolong masyarakat desa menjadi mandiri.

Bersama-sama masyarakat dia membuka jalan-jalan desa, mencetak sawah-sawah baru, membuat irigasi, dan lain-lainnya. Yang membuat banyak orang salut, terutama kawan-kawan kuliahnya, dia melakukan semua itu tanpa bantuan sepeserpun dari pemerintah.

Diminta Pulang

Kerja keras dan tulus, tentu saja berdasarkan ilmu, yang Kasim lakukan membuat masyarakat setempat sangat menghargainya. Kesederhanaan, kedermawanan, tutur katanya yang lembut, melekat dalam memori mereka.

Dia disapa sebagai Antua oleh orang Waimital, sebutan bagi orang yang dihormati di Maluku.

Orangtua Kasim sempat memintanya agar segera pulang, tapi dia tetap meminta waktu. Begitu pun pihak kampus, bahkan konon, Rektor IPB waktu itu, Prof. Dr. Ir. Andi Hakim Nasution, juga sempat memintanya pulang. Kasim tak bergeming.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi