Dr. Asep Salahudin: Pangersa Abah Letakkan Semangat Kebangsaan Berbasis Spiritual

Tasikmalaya – Sidang Senat Latifah Mubarokiyah Suryalaya dalam rangka inagurasi mahasiswa baru tahun 2019/2020 hari ini, Senin (9/9) digelar di Gedung Seba Guna Sukriya Bakti.

Sebanyak 266 mahasiswa dilantik dan dikukuhkan oleh Rektor IAILM dan Ketua STIELM H. Iwan R. Prawiranata Ph.D.

Wakil Rektor I IAILM, Dr. H. Asep Salahudin mengatakan Pangersa Abah Sepuh dan Pangersa Abah Anom sudah lama meletakkan dasar semangat kebangsaan berbasis spiritual.

“Hal ini diwujudkan dalam tanbih, wasiat pendiri Pontren Suryalaya. Hendaknya kita semua menaati perintah agama dan negara. Dalam Hymne dan Mars Latifah Mubarokiyah pun tersirat. Jadi bangsa yang mulia, pancasila dan agama membaja di dada, menggerakkan semangat kita,” ujar staf BPIP.

266 mahasiswa dikukuhkan oleh Rektor IAILM H. Iwan R. Prawiranata Ph.D.

Kapolresta Tasikmalaya AKBP Febri Kurniawan Maruf S.H., saat orasi ilmiah menyampaikan tantangan Indonesia sebagai negeri yang majemuk.

“Indonesia adalah negara yang memiliki banyak keagaman dan perbedaan. Berpotensi menimbulkan perselisihan dan perpecahan,” kata Febri.

Menurut Febri, kita harus kembali menumbuhkan semangat nasionalisme dalam mengelola keberagaman. “Jadikan perbedaan hanya sebagai identitas diri tanpa berniat untuk melepaskan diri dari NKRI,” tegasnya. (Nana/Idn)

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...