Dua Macam Bala’ dalam Al Qur’an

Manusia akan diuji dengan aneka kenikmatan dan aneka penderitaan

Tidak ada manusia yang lepas dari ujian. Sehingga kesadaran bahwa hidup adalah ujian penting untuk dihadirkan setiap saat. Tiada lain, agar manusia tidak lengah dan lalai kepada-Nya.

Dalam surah Al Mulk, Allah Swt menyatakan bahwa ujian itu dilakukan untuk melihat siapa di antara kamu yang lebih baik.

ٱلَّذِي خَلَقَ ٱلۡمَوۡتَ وَٱلۡحَيَوٰةَ لِيَبۡلُوَكُمۡ أَيُّكُمۡ أَحۡسَنُ عَمَلٗاۚ وَهُوَ ٱلۡعَزِيزُ ٱلۡغَفُورُ

Yang menciptakan mati dan hidup, untuk menguji kamu, siapa di antara kamu yang lebih baik amalnya. Dan Dia Mahaperkasa, Maha Pengampun.
(Al-Mulk: 2).

Ujian dan cobaan itu bukan hanya yang dianggap buruk, susah dan pahit dalam pandangan kebanyakan manusia. Akan tetapi juga mencakup sebaliknya. Baca juga…

وَنَبۡلُوكُم بِٱلشَّرِّ وَٱلۡخَيۡرِ فِتۡنَةٗۖ وَإِلَيۡنَا تُرۡجَعُونَ

Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan. Dan kamu akan dikembalikan hanya kepada Kami. (Al-Anbiya’: 35).

Manusia akan diuji dengan aneka kenikmatan dan aneka penderitaan. Untuk melihat siapa yang bersyukur atas nikmat-Nya dan bersabar atas ujiannya.

Itu sebabnya Rasulullah Saw bersabda,

عَجَبًا لِأَمْرِ الْمُؤْمِنِ، إِنَّ أَمْرَهُ كُلَّهُ خَيْرٌ، وَلَيْسَ ذَاكَ لِأَحَدٍ إِلَّا لِلْمُؤْمِنِ ؛ إِنْ أَصَابَتْهُ سَرَّاءُ شَكَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ، وَإِنْ أَصَابَتْهُ ضَرَّاءُ صَبَرَ فَكَانَ خَيْرًا لَهُ

Sungguh ajaib mukmin itu. Apa saja yang terjadi adalah hal yang baik untuknya. Semua itu hanya ada pada diri seorang mukmin. Jika ia mendapat kegembiraan ia bersyukur dan itu baik untuknya. Dan jika ia mendapat kesedihan ia bersabar dan itu juga yang baik untuknya. (HR. Muslim)

Banyak orang mampu bersabar ketika diuji dengan penyakit dan kelemahan, tapi sedikit yang bersabar ketika sehat dan punya kekuasaan. Banyak orang bersabar dengan kefakiran sehingga tidak menuruti hawa nafsu dan menjerumuskan diri pada kehinaan. Tetapi sedikit yang bersabar dengan kemakmuran dan kesejahteraan yang menggiurkan dan menggoda. Baca juga…

Di antara tujuan lain dari turunnya bala’ atau ujian ini ialah agar manusia kembali taat pada Allah Swt dan meninggalkan maksiat serta larangan-Nya.

وَبَلَوۡنَٰهُم بِٱلۡحَسَنَٰتِ وَٱلسَّيِّـَٔاتِ لَعَلَّهُمۡ يَرۡجِعُونَ

Dan Kami uji mereka dengan (nikmat) yang baik-baik dan (bencana) yang buruk-buruk, agar mereka kembali (kepada kebenaran). (Al-A’raf: 168).

Dari sini, bisa dipahami bahwa bala’ dalam al Qur’an yang ditimpakan kepada manusia terkadang berupa ni’am (jamak dari ni’mah) yakni hal-hal yang dianggap baik seperti sehat dan luasnya rezeki dan terkadang berupa niqam (jamak dari niqmah), hal-hal yang dianggap buruk semisal sakit dan situasi sulit dan pedih. Dan itu semua agar manusia senantiasa kembali pada Allah.

#bala #rasulullah #almulk


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi