Dzikir di Antara Pahala dan Dosa

Rasulullah SAW bersabda: “Segala tingkah-pola laku kehidupan tidak diiringi dengan dzikir pada Allah bagaikan permainan dan senda gurau belaka.” (HR Nasaai).

Dzikir yang dimaksud adalah dzikir qalbu yang harus menyertai dzikir lisan. Dzikir qalbu mendasari dan mewarnai dzikir lisan dan gerak anggota jasmani dalam kesadaran, bahwa seluruh bagian pada diri harus tunduk dan sujud dengan ikhlas di hadapan Dzat Maha Agung, Allah SWT, tidak terikat oleh ruang dan waktu. Karena sekecil dan selembut apa pun gerak diri adalah karena KehendakNya.

Rasulullah SAW bersabda: “Tidak bergerak satu dzarrah pun kecuali dengan idzinNya.”

Allah SWT berfirman: “…Katakanlah olehmu (Muhammad): Semuanya (datang) dari sisi Allah…” (QS An-Nisaa / 4 : 78).

“Allah lah yang menciptakan kalian dan apa saja yang kalian lakukan.” (QS Ash-Shaaffaat / 37 : 96).

Kalau kondisi semacam ini terwujud, lahirlah pengabdian diri dengan ikhlas. Melaksanakan ajaran agama hanya mengharap ridha Allah SWT.

Berkaitan dengan hakikat dzikir tersebut, tanbih dari Guru Yang Mulia, Almarhum Syaikh Abdullah Mubarok bin Nur Muhammad, yang bermukim di Patapan Suryalaya Kajembaran Rakhmaniyah. Titah beliau khususnya kepada segenap murid-murid pria maupun wanita tua maupun muda.

“…Oleh karena itu, segenap murid-murid hendaklah berhati-hati, teliti dan cermat mencari jalan kebajikan, lahir-batin, dunia akhirat, supaya tentram jiwa nyaman jasad, tidak muncul persengketaan, sebagaimana dimaksud JASAD SEMPURNA-BUDI UTAMA (CAGEUR BAGEU). Tiada lain amalan kita semua, THARIQAH QADIRIYAH NAQSYABANDIYAH, amalkan dengan sebaik-baiknya agar tercapai segala kebajikan zhahir bathin, tersingkir segala keburukan zhahir bathin, yang berkenaan dengan jasmani, terutama ruhani, yang selalu dirongrong bujukan hawa nafsu, digoda oleh perdaya setan. Wasiat ini harus dilaksanakan oleh segenap murid-murid, agar tercapai keselamatan dunia dan akhirat.” (M. Taswin Khafidz)


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi