Dzikir Penambah Semangat Ibadah

Banyak orang yang tahu keutamaan ibadah wajib dan sunnah dan ternyata melaksanakan sangat susah. Cobalah iseng tanya pada seseorang yang jarang sekali ibadah apakah ada keinginan untuk rajin ibadah? Jawabannya pasti rata-rata “ingin” namun ada tapinya. Begitulah keadaan masyarakat sekarang, kita berhusnydzan saja mereka ada keinginan untuk menghambakan beribadah kepada Allah SWT. hanya masalahnya adalah itu hanya jadi angan- angan dan harapan belaka.

Lantas dimana masalahnya, apakah badannya atau qalbunya bermasalah? Tentulah jawabannya adalah qalbunyalah yang bemasalah. Malas, kesal dan jengkel saat ibadah adanya dalam qalbu bukan badannya bermasalah. Jadi, bagaimana menghilangkan itu semua, karena tidak cukup hanya melarang malas, kesal dan jengkel saja. Jawabannya adalah dzikir pada Allah SWT. Dzikirlah yang membuat keinginan ibadah seperti shalat, shaum, zakat dan sedekah direalisasikan, karena dzikir bisa menyehatkan qalbu yang bermasalah yang sakit spiritualnya.

Ibarat sebuah badan pegal-pegal, agar segar kembali saat beraktifitas maka minum jamu penghilang pegal-pegal. Begitu juga qalbu saat malas ibadah, maka menghilangkannya adalah dengan jamu qalbu yaitu dzikir. Dan dalam minum jamu untuk badan pedal-pegal, tentunya tidak sembarangan jamu yang diminum, harus sesuai dosis dan cara/metode tertentu yang diracik oleh ahli jamu, agar pegal-pegalnya hilang secara optimal. Begitu juga dzikir, dzikir yang mampu mngobati secara optimal qalbu malas ibadah, adalah dzikir yang bermetode yang dirancang khusus oleh ahli dzikir, sesuai kebutuhan qalbu masyarakat kebanyakan dan tentunya sesuai dosis zaman.

Dzikir bermetode khusus disebutnya Thariqat yang secara turun temurun diwariskan oleh Rasul dampai zaman sekarang melalui orang-oenag tertentu, salahsatunya Adalah metode dzikir Thariqat Qadiriyah Naqsabandiyah yang bermetode dzikir mengucapkan kalimat Thayyibah Laa Ilaha Illallah sebanyak 165 kali selesai shalat dan dzikir-dzikir lainnya yang mampu secara optimal menyegarkan qalbu dari berbagai masalah. Semoga kita termasuk ahli dzikir yang bermetode agar qalbu kita secara optimal bersih dari masalah-masalah qalbu.

Ditulis oleh Ust. Purnama Alam

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...