Fokus Adalah Kunci Kesuksesan

Seorang penulis dari Skotlandia Thomas Carlyle menulis, “Seseorang dengan tujuan yang jelas akan membuat kemajuan walaupun melewati jalan yang sulit. Seseorang yang tanpa tujuan tidak akan membuat kemajuan walaupun ia berada di jalan yang tulus.”

Thomas Carlyle bermaksud mengkritisi orang yang gagal sukses karena tidak fokus dengan apa yang menjadi tujuannya.

Banyak orang memiliki bakat yang luar biasa namun tidak bisa memaksimalkan menjadi kesuksesan karena kehilangan fokus. Tujuan sudah ditetapkan dan ia tergoda dengan tujuan lainnya. Singkatnya, kehilangan fokus, terjadi inkonsistensi.

Allah SWT berfirman dalam QS Ali Imran ayat 159 ,”…kemudian apabila engkau telah membulatkan tekad maka bertawakallah kepada Allah. Sungguh, Allah mencintai orang yang bertawakal.”

Kesuksesan adalah hasil fokus kepada sebuah tujuan atau tekad dan diakhiri dengan sebuah ketawakallan. Setelah menetapkan suatu tujuan maka berikhtiarlah dengan segala kesungguhan dan serahkan hasil akhirnya kepada Allah SWT. Ini adalah kunci kesuksesan yang telah diajarkan langsung oleh Allah dan Rasul-Nya.

Rasulullah SAW dan para sahabat telah membuktikannya. Sepanjang waktu mereka fokus melakukan syiar dan dakwah Islam. Hasilnya bisa kita rasakan hari ini, Islam menjadi salah satu agama terbesar yang mewarnai seluruh norma dan aspek kehidupan.

Konsep yang sama bisa diterapkan di dunia usaha. Para pengusaha sukses mengawali dari nol. Mereka fokus pada bidang pekerjaan masing-masing, meskipun banyak tantangan yang harus dilewati.

Islam tidak antipati dengan kesuksesan dan kekayaan. Justru Islam menganjurkan untuk kaya agar dengan kekayaannya bisa memberikan manfaat yang besar bagi manusia.

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...