Gerhana Bulan Total, Bukti Nyata Idul Adha 1435H Jatuh Hari Ahad 5 Oktober 2014

Gerhana Bulan Total (GBT) akan muncul pada hari ini, Rabu, 8 Oktober 2014. Fase bulan purnama ini berlangsung pada pukul 17.51 wib dan dapat disaksikan di beberapa wilayah di Indonesia. Informasi ini bisa kita dapatkan dari situs personal.fmipa.itb.ac.id yang memuat hasil penelitian Observatorium Bosscha F-MIPA ITB, Moedji Raharto.

Fenomena GBT ini dapat disaksikan hampir di seluruh wilayah Indonesia kecuali di Banda Aceh, dan pada saat GBT ini, bulan sedang dalam purnama. Sedangkan purnama terjadi pada malam ke-14 bulan komariah. Menurut KH. Wahfiudin Sakam, muballigh nasional dan pengamat falakiyah-astronomi, pada saat GBT hari rabu atau malam kamis ini, kita di Indonesia memasuki tanggal 14 Dzulhijjah dan kamis siang besok adalah 14 Dzulhijjah 1435H. Jika dihitung mundur, ahad 5 Oktober 2014 memang 10 Dzulhijjah, pas Idul Adha.

Lalu, jika ada orang Indonesia yang shalat Idul Adha dan menyembelih hewan qurban pada hari sabtu kemarin (9 Dzulhijjah), siapa yang bertanggungjawab atas kesalahan ini?

Allah Swt menciptakan kejadian-kejadian astronomi ini agar kita dapat menjadikan pedoman dalam ibadah kita. (Rzk)

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...