Ikhwan TQN di Kalteng Resmikan Pondok Dzikir Mahasiswa Miftahus Shudur

Ikhwan TQN di Kalteng Resmikan Pondok Dzikir Mahasiswa Miftahus Shudur

Palangka Raya – Ikhwan-Akhwat TQN Pontren Suryalaya di Palangka Raya, Kalimantan Tengah terus bergeliat. Hari ini, Sabtu (12/5), diadakan peresmian Pondok Dzikir Mahasiswa Miftahus Shudur.

Bertempat di rumah yang menjadi tempat tinggal para santri itu, peresmian tersebut dihadiri oleh Wakil Talqin TQN Suryalaya dari Muara Teweh Guru Ust. Saprullah, para sesepuh dan pengurus TQN Suryalaya di Palangkaraya, juga para ikhwan dan santri.

Meskipun baru dibuka, pondok dzikir ini sudah memiliki 11 orang santri yang semuanya adalah mahasiswa. “Pondok dzikir mahasiswa ini dibentuk selain sebagai tempat tinggal yang Islami bagi para maha-santrinya, tapi juga sebagai tempat pembinaan ruhani dan keagamaan bagi mereka,” ujar pengasuh pondok, Ust. Cecep Zakarias El Bilad.

“Selama tinggal di pondok ini, para santri akan dibekali dengan pengetahuan-pengetahuan dasar keislaman seperti al-Quran, fiqih, tauhid, tasawuf, juga Bahasa Arab. Mereka juga akan dibekali berbagai skill dan keahlian baik akademik, intelektual, kewirausahaan dan lain-lain,” lanjutnya.

Syarat utama calon santri di pondok ini adalah sudah ditalqin. Guru Ust. Saprullah menyampaikan bahagia dan apresiasinya. “Pondok dzikir ini adalah terobosan yang luar biasa. Ini adalah yang pertama, dan semoga bisa menjadi contoh dan inspirasi bagi para ikhwan TQN di Kalimantan ini.”

“Ke depannya, saya bisa ajak para pengurus Perwakilan YSB Suryalaya di Muara Teweh dan kabuten-kabupaten lainnya untuk bersilaturahim ke sini, untuk melihat dan belajar langsung dari para ikhwan pengurus di Palangkaraya,” ujar wakil talqin yang diangkat tahun 2008.

Miftahus Shudur ini artinya kunci pembuka dada. Ini judul karya Musyrid kita Pangersa Abah yang menjadi dasar amaliah kita. Guru Saprullah berharap, pondok ini bisa menjadi tempat pembinaan ikhwan-ikhwan muda yang kelak bisa menjadi dai-dai yang berkompeten dan tangguh, khususnya dalam mensyiarkan TQN Suryalaya. (Cecep)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *