Ini Tata Cara Pelaksanaan Shalat Lidaf’il Bala Bulan Shafar

Jakarta – Pelaksanaan Shalat Lidaf’il Bala di hari Rabu terakhir Bulan Shafar tahun ini jatuh pada tanggal 23 Oktober. Shalat bisa dilakukan sendiri namun disarankan berjamaah. Waktunya adalah selepas Shalat Isyraq, Isti’adzah dan Istikharah.

Berikut tata caranya.

Tata cara shalat sunnah Lidaf’il Bala berdasarkan keterangan yang tercantum dalam kitab al-Jawahir al-Khomsi halaman 51-52, dilaksanakan pada waktu pagi hari Rabu terakhir di bulan Shafar (setelah shalat sunnah Isyraq, Isti’adzah dan Istikharah), sebanyak 4 rakaat 2 kali salam. Niatnya:

Setiap rakaat ba’da Al-Fatihah membaca:

– Surat al-Kaustar 17 kali,
– Surat al-Ikhlash 5 kali,
– Surat al-Falaq dan an-Nas masing-masing 1 kali

Setelah salam lalu membaca istighfar berikut ini:

Artinya:
Saya memohon ampun kepada Allah Yang Maha Agung. Saya mengakui bahwa tidak ada Tuhan selain Allah. Tuhan Yang Hidup terus dan berdiri dengan sendiri-Nya. Saya mohon taubat selaku seorang hamba yang banyak berbuat dosa, yang tidak mempunyai daya upaya apa-apa untuk berbuat mudharat atau manfaat untuk mati atau hidup maupun bangkit nanti.

Dilanjutkan dengan membaca Do’a Lidaf’il Bala berikut ini:

Artinya:
Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Wahai Yang Maha Kuat, wahai Yang Maha Menempatkan. Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dengan kalimat-Mu yang sempurna dari angin merah dan dari penyakit yang besar di jiwa, darah, daging, tulang dan urat. Maha Suci Engkau apabila memutuskan sesuatu hanyalah berkata kepadanya, ‘Jadilah’ maka ‘jadilah ia’, Allah Maha Besar 3x, dengan rahmat-Mu wahai Yang Maha Penyayang diantara penyayang.

(Idn)

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...