International Conference of Islamic Scholars Akan Digelar di Malang 23-25 November

Jakarta – Malang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan International Conference of Islamic Scholars (ICIS). Seminar dan konferensi dengan tema “Upholding Islam as Rahmatan Lil ‘Alamin: Capitalizing Intelectuality and Spirituality Towards Better Life of Human Beings” akan dihelat pada 23-25 November mendatang.

Dalam press release yang diterima redaksi TQNNews, konferensi ini rencananya akan dibuka oleh Presiden RI, Ir. H. Joko Widodo. Sejumlah tokoh dijadwalkan sebagai pembicara dalam konferensi yang diadakan di Universitas Islam Negeri (UIN) Malang ini, antara lain; Dr. Michel Privot, Direktur European Network Against Racism; Muhammed Sabah Al Salem-al- Sabah, Mantan Menlu Kuwait; Tan Sri Dato’ Ahmad Badawi, Mantan PM Malaysia; serta tiga (3) sufi leader seperti Syeikh Fadil al-Jaelani dari Turki; Habib Ali Zaenal Abidin dari UEA serta Syaikh Ali Ju’mah dari Mesir.

Sebanyak 225 peserta yang terdiri dari para ulama dan pemimpin kelompok sufi dari 32 negara direncanakan menghadiri konferensi ini. Konferensi ini sendiri adalah kerjasama empat (4) institusi; Kementerian Luar Negeri, ICIS, UIN Malang dan JATMAN.

Arwani, anggota organizing committee menyampaikan jika salah satu tujuan konferensi ini adalah mengaktualisasikan Islam Rahmatan Lil ‘Alamin dalam sistem pendidikan integratif dan transformatif menuju masyarakat dunia yang harmoni ini. “Semoga kita dapat mengaktualisasikan pemahaman Islam yang moderat dan toleran,” ujarnya.

Akhir konferensi diharapkan menghasilkan satu titik temu yang akan dituangkan dalam “Malang Message.” Deklarasi ini nantinya akan disebarluaskan kepada pemerintah, akademisi, institusi pendidikan. (Idn)

Rekomendasi
Komentar
Loading...