Jalin Shilaturrahim Ikhwan Akhwat TQN Secara Produktif

Tidaklah sempurna iman seseorang sebelum dia suka untuk saudaranya apa yang dia sukai untuk dirinya. (HR. Bukhari dan Muslim).

Hadis ini menjadi landasan yang harmonis bagi langgengnya hubungan persaudaraan. Dalam bahasa Arab persaudaraan dinamai ukhuwwah. Ukhuwwah artinya shilah at tadhamun wa al mawaddah (hubungan solidaritas dan kasih sayang).

Tanpa solidaritas dan kasih sayang, hubungan persaudaraan terasa hambar. Itu sebabnya ada istilah agama yang dinamakan silaturahmi atau shilaturrahim yang gunanya untuk memperbaiki hubungan persaudaraan atau mengukuhkannya.

Mereka yang melakukan shilaturrahim ini ialah orang yang dengan kerelaan hatinya hendak menyambung yang putus, memperbaiki yang rusak dan menghangatkan hubungan yang dingan serta mencairkan yang telah membeku. Sebagaimana digambarkan oleh Rasulullah Saw.

“Bukannya yang melakukan shilaturrahim siapa yang membalas (menjalin hubungan yang telah terjalin) tetapi dia adalah siapa yang diputus hubungannya dia menyambungnya.” (HR. Bukhari).

Makna Shilaturrahim

Shilaturrahim terdiri dari dua kata yakni shilah dan ar rahim. Shilah sendiri merupakan mashdar dari washala yang mengandung makna menghimpun sesuatu dengan sesuatu yang lain sehingga ia mengikatnya. Singkatnya shilah berarti menyambung atau mencapai.

Sedangkan kata rahim, para ulama berbeda pandangan dengan jangkauan makna kata tersebut. Pertama, rahim bermakna peranakan atau keluarga. Baik itu yang sangat dekat yaitu yang haram dinikahi hingga seluruh anggota keluarga yang masih dalam garis keturunan yang sama, mahram maupun bukan.

Kedua, menurut al Qurthuby, rahim maknanya mencakup dua macam, yaitu kedekatan yang dijalin karena persamaan agama (umum) dan kedekatan karena persamaan keturunan (khusus).

Ketiga, kata rahim di perluas maknanya yaitu sebagai rahmat kasih sayang sehingga tidak dibatasi terbatas pada keluarga dekat dan jauh atau saudara seagama dan saudara sebangsa, tetapi mencakup saudara sekemanusiaan dan saudara semakhluk.

Dalam konteks ini, disabdakan oleh Nabi Muhammad Saw, “rahmatilah siapa yang hidup di bumi, niscaya yang hidup di langit akan merahmati kamu.”
Manfaat Shilaturrahim

Menyangkut shilaturrahim ini, ada dua manfaat yang bisa diperoleh darinya. Dan ini bisa dengan mudah kita ketahui melalui pesan nabi Muhammad Saw.

“Siapa yang senang diperluas rezekinya dan diperpanjang umurnya, maka hendaklah dia bershilaturrahim.” (HR. Bukhari dan Muslim).

Hubungan yang harmonis yang diperoleh dengan adanya shilaturrahim ini mengantarkan seseorang memperoleh rezeki yang lebih luas dan lapang serta dianugerahi “umur yang lebih panjang”.

Rezeki bukan hanya hal yang bersifat material. Nama baik, kesehatan yang prima, keluarga yang rukun dan damai, tetangga yang baik, pemimpin yang amanah, aktivitas yang bermanfaat serta pengaruh kebaikan juga termasuk rezeki.

Sedangkan mengenai umur panjang, bisa berarti jumlah angka umurnya, bisa jadi juga tidak bertambah secara jumlah tapi manfaat dan keberkahan serta nama baik yang seolah hidup lama sepeninggalnya.

Perkuat Shilaturrahim Ikhwan TQN Secara Produktif
Dengan perkembangan teknologi, dunia bersifat borderless (tanpa batas). Tidak ada istilah putus hubungan, putus jangkauan dan putus kemanfaatan.

Mengingat jumlah ikhwan dan akhwat yang terus bertambah dan penguatan organisasi secara intensif oleh LDTQN, Ibu BELLA dan GMPS. Maka sudah saatnya jalinan shilaturrahim antara Ikhwan TQN Pontren Suryalaya kembali bisa terhubung secara produktif.

Maka dalam rangka menghadapi tantangan dan menjalin hubungan shilaturrahim yang produktif itu TQNNews sedang menyiapkan program berbasis digital.

Ikhwan dan Akhwat TQN Pontren Suryalaya nantinya bisa mengisi minatnya di bidang pendidikan, kewirausahaan dan atau pun dakwah.

Bagi ikhwan dan akhwat TQN Pontren Suryalaya yang ingin berpartisipasi dalam program tersebut disilahkan untuk mengisi kuesioner berikut ini.

Kuesioner

Sebelumnya TQNNews ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Ibu, Bapak, Saudara dan Saudari telah bersedia untuk mengisi kuesioner ini. TQNNews menjamin kerahasiaan data dan jawaban yang disampaikan.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi