JATMAN Lantik Pengurus Idarah Syu’biyah sekaligus Gelar Pelatihan Tasawuf Dasar

Jakarta – Pelatihan Dasar Tasawuf kali ini istimewa, karena diselenggarakan berbarengan dengan “Pelantikan dan Pengukuhan Pengurus Idarah Syu’biyah JATMAN Jakarta Barat, Jakarta Timur, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu Periode 2017-2022” Acara yang di gelar pada Sabtu (18/11) ini bertempat di Ponpes Minhajutthalibin, Pagedongan, Kali Deres, Jakarta Barat.

Pelatihan ini sendiri mengusung tema “Memasyarakatkan Thariqah dan Menthariqahkan Masyarakat”. Adapun materi yang didapatkan ialah;

  1. Mengenal Ilmu Tasawuf dan Tarekat
  2. Rukun Agama dan Implementasinya
  3. Landasan Hukum Berthariqah
  4. Urgensi Berdzikir

Usai pembacaan ayat suci Al Quran dan pembacaan Shalawat Thariqiyah, sambutan diawali oleh Komisaris Polisi Pak Effendy, SH mewakili Kapolres Metro Jakarta Barat. Beliau menyampaikan rasa senang sekaligus bahagia dengan adanya program JATMAN tersebut. Beliau berharap keharmonisan Ulama dan Umara bisa tetap terjaga demi menjaga keutuhan NKRI dengan berpegang pada empat pilar (PANCASILA, BHINEKA TUNGGAL IKA, NKRI, UUD 1945) Acara Pelatihan Dasar Tasawuf bagi Masyarakat adalah bentuk wujud mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang unggul, mengingat kayanya Sumber Daya Alam Indonesia.

Ini juga bagian dari bentuk menanamkan jiwa perjuangan sebagaimana para syuhada merebut dan mempertahankan kemerdekaan NKRI. “Mereka sejatinya bukan berjuang dengan bambu runcing, melainkan dengan kepasrahan kepada Allah Swt” ungkapnya. Di tengah pergaulan anak anak muda yang tak tentu arah, bahkan terjerumus pada kenakalan remaja. Pelatihan ini amat relevan dengan situasi kekinian.

Beliau juga menyatakan bahwa kegiatan tersebut mampu mencegah radikalisme, ekstremisme serta terorisme. Menurutnya penting Pelatihan seperti ini, “Kenalkan Thariqah ini pada anak muda agar tak salah jalan” tegasnya.

Mudir JATMAN DKI KH. Wahfiudin Sakam dalam studium generalnya di hadapan para peserta pelatihan PDT dan Pengurus yang baru saja dilantik oleh Mudir ‘Am Idarah ‘Aliyah Prof. DR. Abdul Hadi, menyebutkan bahwa sasaran gerakan memasyarakatkan tarekat di era kekinian ialah -yang beliau istilahkan dengan- PPM (Pemuda, Pelajar dan Mahasiswa), PPS (Pejabat, Profesional dan Selebritis), serta PGU (Pendidik, Guru dan Ustadz).

Beliau juga menyampaikan “Selamat atas dilantiknya dan dikukuhkannya Pengurus Idarah Syu’biyah DKI Jakarta, selamat bekerja dan berkhidmah untuk umat ini” Guru-Guru yang hadir di antaranya:

  1. KH. Wahfiudin Sakam, SE, MBA (Wakil Talqin TQN Suryalaya sekaligus Mudir JATMAN Wustho DKI Jakarta)
  2. Prof. Dr. Syaikh Abdul Hadi, MA (Mursyid TQN Mranggen)
  3. KH. Tarnadi Abu Sukma Jati (Mursyid TQN Indramayu)
  4. Syaikh Yunus Abdul Hamid (Muqoddam Tarekat Tijaniyah)
  5. Dr. KH. Hamdan Rasyid, MA (Rais Ifadliyah JATMAN DKI)

(Eep)

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...