Kader Dai NU Siap Syiarkan Islam Nusantara ke Berbagai Negara

Jakarta – Sebagai corong dakwah Nahdlatul Ulama, LDNU [Lembaga Dakwah NU] terus bergerak menyiapkan kader-kader dai muda yang siap terjun ke dunia Internasional dan media. Setelah melalui proses seleksi yang cukup panjang, saat ini telah terpilih 20 dai muda dari berbagai daerah di Indonesia sebagai Tim Inti Dai Internasional & Media [TIDIM] LDNU.

Wakil Sekretaris LDNU yang juga penanggung jawab program TIDIM, KH. Wahfiudin Sakam mengungkapkan jika program ini adalah program perdana. “Kami telah menyiapkan berbagai pelatihan untuk membekali dan meningkatkan kompetensi para dai. Salah satunya adalah Pelatihan Dakwah Transformatif yang diadakan selama 11 hari (19/05 – 29/05),” jelas KH. Wahfiudin.

Ketua Umum PBNU, KH Said Aqil Siradj saat pembukaan pelatihan mengingatkan seluruh peserta agar sungguh-sungguh dalam berdakwah. “Islam yang tumbuh di Indonesia terbukti mampu menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Sebagai pemegang amanah, janganlah kita ragu untuk mendakwahkan Islam Nusantara dalam kondisi apapun,” terangnya.

Pelatihan Dakwah Transformatif baru saja usai hari ini (29/05). Selama 11 hari, para peserta mendapatkan berbagai materi yang dibutuhkan untuk tugas ke luar negeri, antara lain; Bahasa Inggris, Pemanfaatan TIK, Psikoterapi, Sosial Budaya, Fisik dan Mental, Branding and Positioning, Public Speaking serta penguatan nilai-nilai ASWAJA (Ahlus Sunnah Wal Jamaah).

Nugraha Romadhan, Ketua Panitia Pelatihan Dakwah Transformatif menjelaskan jika seluruh peserta dikarantina 11 hari di Wisma Flora, Cisarua – Bogor. Peserta ada yang dari Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Banten, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, Kalimantan Selatan dan Kalimantan Timur.

“Metode yang kami gunakan adalah Pembelajaran Orang Dewasa (POD). Seluruh peserta terlibat aktif dan partisipatif untuk menyukseskan pelatihan. No one knows everything, everyone knows something,” ujar Pengurus LDNU Divisi DIKLAT & Pengkaderan ini. Ia menambahkan jika pada bulan Ramadhan ini, LDNU akan memberangkatkan delapan kadernya ke Eropa, Hongkong dan Malaysia. Sebagian akan melakukan safari dakwah nusantara. (Idn)

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...