Kamu Mau Nikah? Simak Dulu Kiat Sukses Dari Kang Abay

Tasikmalaya – Menikah saat masih muda banyak keutungannya, namun tetap perlu persiapan yang matang.

Bayu Adhitya Nugraha dalam Seminar Pra Nikah, “Memantaskan Diri, Menjemput Kekasih Sejati, Demi Ridha Ilahi” yang diselenggarakan oleh BEM Fakultas Tarbiyah IAILM Tasikmalaya menjelaskan kiat sukses bagi pasangan yang akan menikah.

“Ada tiga aspek yang perlu disiapkan, spiritual, mental dan finansial,” terang Managing Director Motivasinger Management.

Cara membangun spiritualitas menurut pria yang kerap disapa Kang Abay ini bisa dengan memperbanyak ibadah seperti shalat, dzikir, sedekah dan menolong terhadap sesama.

Aspek mental menekankan tanggung jawab, kemauan saling melayani dan berbagi. Tidak kalah penting adalah mentalitas untuk menjadi seorang pembelajar.

“Terakhir aspek finansial, bagaimana membangun kehidupan rumah tangga secara mandiri tanpa merepotkan banyak pihak. Contohnya, pasangan harus merencanakan bagaimana dan kapan memiliki tempat tinggal,” pungkasnya.

Artikel Terkait :  IBJ, Masyarakat terkena dampak banjir masih membutuhkan bantuan

Abay merangkum kiat sukses menikah dengan istilah 4S. Sevisi, Semisi, Sevalue dan Seprogram. Visi meraih ridha Ilahi, misi beribadah kepada Allah (swt), value memiliki prinsip-prinsip kehidupan dan program membangun cinta dalam keluarga.

Seminar Pra Nikah di IAILM Suryalaya.

Sementara itu Dian Nurdiansyah menyoroti problematika yang sering terjadi dalam poligami. Menurutnya poligami merupakan hal yang menakutkan bagi kebanyakan istri. Akan tetapi ada juga wanita yang mengizinkan poligami asalkan suami mampu untuk menjadi imam dan Allah mengiizinkan.

“Berumah tangga harus memiliki prinsip, tujuan dan motivasi agar terwujud sakinah, mawadah, warahmah. Tujuan pernikahan adalah mencari Ridha Allah (swt). Rasa cinta kepada manusia harus berada di bawah rasa cinta kepada Allah (swt),” pungkasnya.

Artikel Terkait :  IBJ Peduli Banjir Kamu Bisa Ikut Terlibat

Ketua panitia Annisa Nurul Azizah mengatakan, seminar yang dihelat di Gedung Sukriya Bakti dan diikuti 246 mahasiswa adalah program kerja Divisi Keagamaan DEMA Fakultas Tarbiyah. Acara dibuka oleh Dekan Fakultas Tarbiyah Drs. Nurhamzah M.Si., 

“Pak Nurhamzah berharap kegiatan seperti ini bisa memberikan banyak manfaat bagi generasi muda terutama dalam menyiapkan pernikahan yang baik,” ujar Annisa. (NS/Idn)

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...