Kenali 5 Zoonosis yang Berpotensi Menjadi Wabah di Indonesia

Jakarta – Zoonosis atau kerap disebut Zoonotik adalah penyakit yang dapat menular dari hewan ke manusia. Biasanya disebabkan oleh bakteri, virus atau parasit.

Pemerintah menetapkan 5 penyakit zoonosis yang sangat mungkin menjadi wabah pada masa yang akan datang. Yuk kita kenali apa saja?

  1. Rabies
    Virus rabies atau anjing gila kebanyak dibawa binatang seperti anjing, kelelawar, rubah dan monyet. Orang yang tertular sebagian besar karena gigitan. Rabies menyerang saraf pusat sehingga sangat berbahaya. Tidak sedikit yang berakhir dengan kematian.
  2. Flu Burung
    Hampir separuh kematian akibat penyakit flu burung terjadi di Indonesia. Sejak 2003 korban yang disebabkan virus H5N1 ini tercatat 349, dan 155 diantaranya di Indonesia.Virus ini banyak ditemukan pada unggas. Penyakit ini menyebar melalui burung-burung dari Asia ke Timteng, Eropa dan Afrika.
  3. Leptospirosis
    Leptospirosis menjadi masalah kesehatan di Indonesia. Penularan biasanya melalui air dan sering terjadi di daerah rawan banjir.Penyakit yang disebabkan bakteri leptospira dari kencing binatang seperti tikus, anjing dan kucing termasuk penyakit zoonosis yang bersifat akut.
  4. Brucellosis
    Penyakit yang sering disebut sebagai Keluron menular ini terjadi melalui konsumsi susu yang tidak dipasteurisasi atau melalui membran kulit yang luka. Brucellosis disebabkan bakteri yang menginfeksi sapi, kerbau, kambing, domba dan babi.
  5. Antraks
    Penyakit yang disebabkan bakteri Bacillus Anthraxis ini sering menyerang herbivora liar dan yang telah dijinakkan. Infeksi dapat terjadi saat manusia kontak dengan hewan yang terkena antraks. Bisa melalui daging, tulang, kulit maupun kotoran. Efeknya muncul bisul bernanah pada kulit.

Sedangkan ciri hewan yang terserang antraks adalah demam yang tinggi. (Idn)

 

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...