Keutamaan Berkurban

Dalam beberapa hari ke depan, umat Islam akan merayakan Hari Raya Idul Adha 1436H. Banyak pembelajaran yang terkandung di dalamnya. Salah satunya adalah tentang keutamaan berkurban.

Ibadah kurban memiliki pesan moral, spiritual dan sosial. Kurban berasal dari bahasa Arab, “qurban” yang artinya dekat. Berkurban adalah ibadah untuk mendekatkan diri kepada Allah. Di surat Al Kahfi dijelaskan, untuk bisa mendekat atau berjumpa dengan Allah, hendaknya kita berbuat baik. Wujud perbuatan baik antara lain dengan berkurban. Salah satunya dengan memberikan daging kurban kepada orang yang membutuhkannya.

Kata kurban berulang tiga kali dalam al-Qur’an, yaitu di QS Ali Imran: 183, Al Maidah: 27, yang menceritakan diterimanya kurban Habil oleh Allah, karena kurbannya yang gemuk dan sehat serta karena ketaqwaannya. Dan di surat Al Kautsar: 1-3.

Sebagai wujud rasa syukur atas nikmat Allah yang banyak, selain kita diperintahkan shalat juga diperintahkan berkurban untuk mendekatkan diri kepada Allah. Disini ada pesan moral bahwa kesalehan religi harus disertai kesalehan sosial sebagai wujud nilai spiritualitas.

Beberapa Keutamaan kurban antara lain;

  1. Sebagai hamba-Nya yang bertaqwa. “Daging dan darah hewan kurban itu tidak akan sampai kepada (ridha) Allah, melainkan ketaqwaan kita-lah yang akan mencapainya. (QS Al-Hajj: 37).
  2. Sebagai wujud rasa syukur atas nikmat rizki dari Allah. ”Supaya mereka menyebut nama Allah atas apa yang telah Allah karuniakan kepada mereka berupa binatang ternak (QS Al-Hajj: 34 dan QS Al-Kautsar: 2).
  3. Untuk meraih ampunan dosa. “Fatimah, berdirilah dan saksikan hewan sembelihanmu itu. Sesungguhnya kamu diampuni pada saat awal tetesan darah itu dari dosa yang kamu lakukan.” (HR. Abu Daud-Tirmizi).
  4. Berpahala besar. “Pada setiap lembar bulunya itu memperoleh satu kebaikan.” (H. Ahmad dan Ibnu Majah). Karenanya perlu domba yang sehat dan besar saat berkurban.
  5. Agar tidak bakhil. “Siapa yang mempunyai keleluasaan (harta) untuk berkurban tapi tidak mau berkurban, janganlah mendekati tempat shalat kami.” (HR. Amad dan Ibnu Majah). Dengan berkurban kita harapkan bisa mengeliminasi sifat serakah dan rakus atau “kebinatangan” dalam jiwa seseorang.

Demikianlah beberapa keutamaan kurban agar kita semakin termotivasi menunaikan ibadah kurban. Semoga kita mendapat kelapangan rezeki dari Allah agar bisa berkurban tahun ini. Aamiin.

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...