Kisah Youtuber Korea Daud Kim Masuk Islam: Indonesia Mengubah Pandangannya Tentang Islam

Jakarta – Youtuber Korea Jay Kim belum lama mengejutkan para penggemar K-pop. Melalui kanal youtube dan instagram miliknya Kim menyampaikan jika ia resmi memeluk agama Islam.

Menurutnya ia bukan mengubah melainkan kembali kepada Islam. “My converting.. no, my reverting story,” ujarnya melalui kanal youtube, Daud Kim.

Sebelum memeluk agama Islam, Jay Kim menggunakan nama David. Kini ia menggantinya dengan Daud. Daud Kim.

Awal perkenalannya dengan Islam saat kejadian 9/11 di Amerika Serikat. Saat itu usianya baru 8 tahun. Kim masih ingat bagaimana gedung tinggi hancur dan di TV ia mendengar kata Islam. Itulah pertama kalinya ia mendengar kata Islam.

Foto: IG jaehan9192.

Kejadian itu meyakininya Islam sebagai agama yang keras dan berbahaya. Terlebih lagi media sering mengampanyekan hal-hal negatif tentang Islam.

Setelah bertahun-tahun, pikiran buruknya tentang Islam berubah saat berada di Indonesia.

Kim memulai debut sebagai penyanyi di Korea mendapat kesempatan promo di Jakarta. Lahir dan besar dalam keyakinan Katolik, Kim tidak mengetahui jika di Indonesia mayoritas beragama Islam.

Ada 2 hal yang mengejutkannya. Pertama masyarakat Indonesia sangat ramah jauh dari yang ia bayangkan. Dan kedua adalah banyaknya perempuan yang menutupi wajahnya dengan kerudung. Belakangan ia baru paham jika itu hijab.

Bagi Kim cuaca di Indonesia yang panas, ada perempuan menggunakan kerudung sangat aneh. “Why are you wearing scarf on your face. Did someone force you?” tanyanya penuh heran kepada salah seorang penggemarnya.

Jawaban mengejutkan yang diterima Kim. “I’m a diamond. Incredibly Precious. So I don’t want to show this to other people. No body force me. This is my choice and I’m so proud of it.”

Sesuatu yang dikira Kim sebagai keterpaksaan ternyata sesuatu yang membanggakan baginya. Akhirnya ia tahu yang membuat bangga karena keyakinan yang dipegang teguh.

Kembali ke Korea kehidupan Kim menuai banyak cobaan. Singkat kata Kim meninggalkan dunia musik untuk bekerja karena ayahnya kehilangan pekerjaan. Saat itu juga Kim memulai membuat konten-konten kreatif di youtube.

Beberapa konten yang ia unggah adalah cerita perkenalannya dengan dunia Islam saat berkunjung ke Indonesia. Respon yang ia terima banyak dan positif. Saat itulah Kim mulai menggali tentang Islam. Menjumpai pemeluk agama Islam dari berbagai negeri sehingga mendapatkan informasi tentang Islam bukan dari media.

“Through this, I could meet many muslims. The real muslim, not in media.”

Kim semakin tertarik bukan hanya dengan konsep ketuhanan dalam agama Islam namun juga praktik ibadahnya. Walau belum memeluk Islam Kim belajar shalat dan puasa. Bertahap ia menyampaikan ketertarikannya tentang Islam kepada keluarganya.

Foto: IG jaehan9192.

Melalui perjalanan panjang dan berliku Kim akhirnya mengucapkan dua kalimat syahadat. Rasa syukurnya setelah memeluk agama Islam ia tuangkan dalam kanal youtube-nya pada 25 September 2019.

Welcome brother Kim, May Allah SWT bless us all…

Berikut doa dan harapannya setelah kembali kepada agama yang diridhai, Islam.

Assalamualaikum
Sejak aku tertarik pada Islam
Banyak hal berubah dalam hidupku
Sebenarnya aku belum sepenuhnya siap,
Tapi aku akan mencoba menjadi Muslim yang baik sedikit demi sedikit
Meskipun aku dulu banyak dosa
Aku ingin meminta ampun kepada Allah

Sekalipun aku terlahir non muslim
Aku tahu Allah selalu bersamaku
Terimakasih telah memberiku hidayah
Terima kasih kepada-Nya untuk menunjukkan kepadaku jalan yang benar
Tidak ada Tuhan selain Allah dan Muhammad adalah utusan-Nya.

(Idn)

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...