Laksamana Zheng He, Penjelajah Terbaik Asal Tiongkok (Bag. 2)

Pasuruan – Sahabat TQNNews tentu mengenal Laksamana Cheng Hoo (Zheng He). Kita akan mengenal lebih jauh tokoh penjelajah terbaik dari Tiongkok ini melalui prasasti yang ada di Masjid (Laksamana) Muhammad Cheng Hoo.

Masjid ini ada di daerah Pandaan, Kabupaten Pasuruan. Sangat strategis. Wisatawan dari Surabaya menuju Malang dan sebaliknya biasa singgah di sini untuk shalat dan rehat. Parkir luas dan ada pasar wisata Cheng Hoo yang menjual oleh-oleh khas Jatim. Selamat Membaca!


Atas perintah Kaisar Dinasti Ming, pada tahun 1405 Cheng Hoo ditunjuk sebagai Laksamana dari pasukan laut kerajaan. Sejak saat itu dimulailah perjalanan mengarungi tujuh samudera menuju daerah barat. Tugasnya adalah;
1. Menjalin hubungan baik,
2. Mengembangkan kebudayaan,
3. Meningkatkan perdagangan,
4. Meningkatkan komunikasi dengan negara-negara lain di dunia.

Cheng Hoo mempunyai pasukan terbesar, lebih dari 27.800 orang dan 100 kapal.

Ia terkenal bukan hanya sebagai juru damai yang ulung dalam menciptakan hubungan baik antara Tiongkok dengan negara-negara di Asia dan Afrika. Ia dikenal juga sebagai seorang muslim yang taat dan shalih.

Cheng Hoo adalah bahariwan terbesar sepanjang sejarah Tiongkok juga seorang perintis dalam sejarah navigasi dunia.

Tercatat dalam sejarah, Zheng He memulai perjalanan lautnya lebih awal dibandingkan bangsa Eropa, yaitu 87 tahun lebih awal dari Colombus, 92 tahun lebih awal dari Vasco da Gama dan 116 tahun lebih awal dari Magellan. (Idn)

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...