Lembaga Dakwah NU Gelar Rakor Pendidikan Kader Dai

Jakarta – Lembaga Dakwah NU hari ini (11/02) menyelenggarakan rapat koordinasi dengan pengurus Pendidikan Kader Dai (PKD) di Hotel Gren Alia Cikini, Jakarta. Rakor dipimpin oleh wakil sekretaris divisi diklat dan pengkaderan LDNU KH. Wahfiudin Sakam.

Dalam sambutannya, pembimbing PKD, KH Zaky Mubarak menyampaikan jika perkembangan PKD sudah berjalan baik namun tetap harus terus ditingkatkan. “Kita mulai dari langkah kecil yang sederhana untuk menuju kesempurnaan. Kegiatan kita ini juga upaya untuk mengkonter paham radikal.” ujarnya.

Ketua LDNU periode 2010 – 2015 ini menambahkan agar PKD bisa merambah komunitas elit, profesional dan mahasiswa. “Berdasarkan hasil riset ADPISI (Asosiasi Dosen Pendidikan Agama Islam), 53% mahasiswa dari universitas ternama di Indonesia mempunyai latar belakang NU. Dan ini perlu digarap maksimal.” tutupnya.

Ketua PKD, Hj. Afifah mengutarakan jika program ini akan dikembangkan secara bertahap ke berbagai daerah di Indonesia, bahkan internasional. “Maka kami berharap bimbingan dan arahan dari rekan-rekan di LDNU. Banyak saudara-saudara kita di luar daerah yang berharap PKD dapat diselenggarakan di daerahnya,” ujarnya.

Ada 3 (tiga) hal yang dikupas dalam rakor ini; kurikulum, organisasi dan manajemen serta SDM pengelola. Kurikulum yang sudah ada lebih disempurnakan sesuai dengan kondisi dan tantangan ke depan. Organisasi dan manajemen dipersiapakan menjadi modal utama untuk mengembangkan program di berbagai daerah. Peningkatan SDM pengelola akan ditingkatkan untuk mengantisipasi kebutuhan program yang tinggi.

“Dua pekan yang akan datang kita matangkan hasil rakor ini,” tutup KH Wahfiudin. (Idn)

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...