Listrik Padam Berkepanjangan, Ingat 9 Hal Yang Perlu Diperhatikan

Jakarta – Plt Direktur Utama PT PLN (Persero) Sripeni Inten Cahyani saat jumpa pers Ahad (4/8) sore mengatakan terjadi gangguan transmisi Ungaran dan Pemalang berkapasitas 500 kilovolt. Akibatnya pembangkit di sisi tengah dan barat Pulau Jawa terganggu.

Gangguan listrik yang terjadi sejak kemarin masih berlanjut hingga hari ini. PT PLN (Persero) melakukan pemadaman bergilir hingga sore nanti.

Jika listrik masih padam berkepanjangan, setidaknya ada 9 hal yang perlu diperhatikan seperti dilansir dari Reader’s Digest.

1. Jangan nyalakan lilin

Cahaya lilin tidak terlalu terang. Bila tidak sengaja tersenggol dapat mengakibatkan kebakaran. Lebih baik gunakan lentera terang benderang.

2. Jangan biarkan handphone mati

Tahan godaan bermain handphone untuk mengisi waktu luang. Saat keadaan darurat handphone sangat dibutuhkan. Pastikan power bank juga dalam kondisi siap digunakan.

3. Copot steker dari stop kontak

Barang elektronik mudah rusak ketika petir menyambar, maka disarankan mencopot steker dari stop kontak saat hujan petir melanda.

Begitu juga dengan pemadaman listrik. Mencopot steker adalah keputusan yang baik untuk melindungi barang-barang elektronik ketika listrik menyala kembali. Pasang lagi ketika listrik sudah normal kembali.

4. Jangan copot semuanya

Sisakan satu steker lampu terpasang di stop kontak (dalam kondisi menyala) agar kita bisa langsung tahu ketika listrik sudah menyala.

5. Jangan buka kulkas

Kulkas bisa menjaga makanan dalam suhu yang aman setidaknya selama 4 jam. Jika kulkas dibuka, udara dingin akan keluar.

6. Jangan kosongkan freezer

Freezer penuh makanan bisa membuat kualitas barang tahan hingga 48 jam. Durasi berkurang jadi 24 jam jika freezer hanya terisi setengah.

Jika freezer kosong atau tidak penuh disarankan menaruh botol air untuk memenuhi freezer. Es dan makanan beku bisa mendinginkan udara yang kosong.

7. Jangan taruh genset di garasi

Hasil penggunaan generator set adalah karbon monoksida yang beracun. Letakkan genset di ruang terbuka yang jauh dari rumah.

8. Jangan lupa mengisi air

Stok air minum harus terjaga agar tidak kehausan sepanjang listrik padam. Disarankan tiap orang menyimpan 1 galon/hari untuk persediaan.

9. Jangan gunakan senter usang

Baterai yang tersimpan lama dalam senter bisa bocor dan mengeluarkan zat asam. Gunakan senter yang dayanya bisa diisi berulang-ulang untuk keadaan darurat, dan masukkan baterai ketika diperlukan.

(Idn)

Rekomendasi
Komentar
Loading...