Manaqib di Masjid Khalwat Syaikh Tolhah: Syawal Adalah Bulan Peningkatan

Manaqib di Masjid Khalwat Syaikh Tolhah: Syawal Adalah Bulan Peningkatan

Cirebon – Ahad pagi (24/6) Pengurus Yayasan Serba Bakti (YSB) Pontren Suryalaya Perwakilan Cirebon menyelanggarakan Manaqib Syaikh Abdul Qadir al-Jailani (qs) di Masjid Khalwat Syaikh Tolhah.

Kegiatan yang dimulai pukul 09.00 WIB hingga Zhuhur ini diikuti sekitar 100 ikhwan dan akhwat yang berdomisili di Cirebon dan sekitarnya.

Wakil Talqin dari Jakarta, KH. Wahfiudin Sakam dalam tausiyahnya menyampaikan pentingnya menjaga irama ibadah Ramadhan di sebelas bulan lainnya. “Di bulan Ramadhan kita menggembleng diri baik siang dan malamnya. Siang dengan shiyam dan malam dengan qiyam,” ucapnya.

Mudir Aam JATMAN ini selanjutnya mengingatkan agar di bulan Syawal terjadi peningkatan ibadah bukan malah penurunan. “Syawal bisa diartikan orang yang (mengangkat) air dari sumur. Jadi di bulan syawal diharapkan peningkatan terjadi peningkatan kualitas ibadah,” ujarnya.

Selanjutnya Wakil Ketua Komisi Pendidikan dan Kaderisasi MUI Pusat ini menyambung dengan materi kerarekatan. Hal pertama bagi yang ingin belajar tarekat adalah memahami diri sendiri. “Pahami dan sadari bahwa hakikat diri kita adalah diri yang berwujud ruhani. Tubuh adalah cangkang atau wadah.”

“Banyak orang yang belajar tarekat namun masih terpaku dengan tubuh biologis. Ini yang terkadang membuat susah dalam mendekat kepada Allah,” terangnya. (Idn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.