Maulid di Jeddah, Arab Saudi, Kyai Wahfiudin Bahas 3 Peran Utama Rasulullah SAW

Jeddah – Ahad (25/11) Wakil Talqin TQN Pontren Suryalaya KH. Wahfiudin Sakam menyampaikan tausiyah pada peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW di Wisma Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI), Jeddah, Arab Saudi. Kegiatan yang di selenggarakan oleh Pengurus Cabang Istimewa Nahdlatul Ulama (PCINU) Arab Saudi ini dimulai selepas shalat Isya berjamaah.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440 H / 2018 M mengambil tema “Dengan Meneladani Sifat Rasulullah SAW, Kita Raih Kedamaian Hati, Persatuan Bangsa, Serta Kemuliaan Hidup di Dunia dan Syafa’at di Akhirat.”

Dalam paparannya Kyai Wahfiudin membahas 3 peran Rasulullah SAW. “Ada tiga tugas Rasulullah yang perlu kita ketahui dalam Surat al-Jum’ah ayat dua. Tilawah, Tazkiyah dan Taklim,” katanya. Menurut Mudir Aam JATMAN ini, tilawah dilakukan dengan membacakan ayat-ayat Nya, memperkenalkan kepada orang-orang tentang adanya petunjuk ‘langit’, dan meyakinkan mereka tentang kebanaran ayat-ayat ‘langit’ itu.

“Tazkiyah, mensucikan jiwa pengikutnya. Tanpa kesucian jiwa maka makna ayat-ayat yang dibacakan tak akan terpahami dengan baik, tak juga ayat-ayat itu terasakan sebagai penggerak yang memotivasi orang untuk mengamalkannya,” sambung Wakil Ketua Komisi Pendidikan & Kaderisasi MUI Pusat. Sementara Taklim, mengajarkan ketentuan-ketentuan Allah (hukum, kitab) juga tujuan dan manfaat dari ketentuan-ketentuan tersebut (hikmah).

Perayaan maulid selain dihadiri oleh para pengurus PCINU Arab Saudi, pegawai KJRI juga jamaah TQN Pontren Suryalaya yang tinggal di sana. (Eep/Idn)


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi