Mengapa Strategi Personalized Marketing Penting Kamu Lakukan?

Di era digital setiap usaha atau perusahaan perlu memahami bagaimana memenuhi kebutuhan dan tuntutan konsumen.

Seperti diketahui, konsumen dari waktu ke waktu mengalami perubahan yang begitu cepat akibat perkembangan teknologi. Khususnya bagi konsumen dari kalangan millennial dan centennial.

Kelompok millennial dan centennial ini menyukai hal-hal yang sesuai dengan personal atau karakter masing-masing. Sehingga diperlukan apa yang disebut dengan personalized marketing yang bisa mendorong loyalitas dan menjadikan kalangan ini pelanggan.

Personalized marketing bisa dibilang sebuah strategi pemasaran yang bersifat personal, sehingga membuat konsumen atau pelanggan memutuskan untuk membeli dan kembali membeli.

Menurut data yang dihimpun oleh konsultan pemasaran Net Solutions menemukan bahwa melalui pendekatan personalisasi ini, 86 % melihat ada peningkatan secara terukur dalam campaign marketing.

98 % mengatakan personalisasi meningkatkan hubungan antara perusahaan dan pelanggan. 88 % mengakui bahwa faktor terbesar dalam personalisasi adalah memberikan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Personalisasi yang dimaksud bukan hanya dalam interaksi, cara dan metode transaksi tapi juga bagaimana melakukan upaya personalisasi pemasaran yang berkelanjutan.

Dalam aplikasinya, personalized marketing bisa dilakukan misalnya dengan memiliki data pelanggan, mulai dari kebiasaan hingga preferensinya, mengirim email secara personal, hingga menyapanya dengan ramah secara personal dan proporsional.

Ilustrasi. (Foto: FreePik)

Termasuk dalam modifikasi teknologi, website atau aplikasi benar benar didesain sesuai dengan kepribadian dan karakter konsumen yang disasar.

Begitu pun dengan konten yang dibuat mesti dekat dan sesuai dengan konsumen secara personal. Di sinilah pentingnya melakukan riset market berdasarkan data yang nyata. Sehingga mengenal segmentasi pelanggan secara tepat, apa yang dibutuhkan dan disukainya. Interaksi dengan konsumen dan melakukan follow up serta menjaga bagaimana agar hubungan dengan pelanggan tetap baik.

Mengapa melakukan strategi personalized marketing ini penting dilakukan?

Karena kamu bisa mendapat perhatian konsumen, yang akhirnya bisa lebih meningkatkan penjualan. Selain itu, strategi menyentuh hati konsumen ini juga bisa membangun hubungan yang baik (good engagement) dengannya.

Dengan hubungan baik yang terbangun, pengalaman konsumen akan terasa lebih baik, sehingga mendorongnya untuk kembali membeli atau repeat order bahkan membeli lebih banyak.

Rekomendasi
Komentar
Loading...