Mengapa Tak Ada Kata Dakwah dalam Tanbih?

Tanbih merupakan pesan dan wasiat dari Mursyid TQN Pontren Suryalaya Syekh Abdullah Mubarok bin Nur Muhammad yang dikenal dengan Abah Sepuh. Beliau adalah seorang ulama, pejuang dan pendiri Pontren Suryalaya sejak 05 September 1905.

Sebagai manusia tentu usia seseorang terbatas, begitupun dengan Abah Sepuh yang wafat di usianya yang ke-120 pada 25 Januari 1956. Tetapi sebagai ulama, Abah sepuh sudah menyusun wasiat dan pedoman yang ditinggalkan untuk murid-muridnya laki-laki dan perempuan, baik tua maupun muda.

Warisan Abah Sepuh ini sudah seyogyanya diamalkan dan dilestarikan. Sehingga bisa dimengerti mengapa setiap manaqib yang diselenggarakan selalu dibacakan kembali tanbih agar terus diingat, dihayati dan diamalkan.

Tanbih juga mengingatkan kita bahwa para ulama sebagai pewaris nabi selalu meninggalkan sesuatu yang bermanfaat bagi generasi setelahnya. Karena seperti yang kita tahu bahwa para ulama memang mewarisi ilmu dari para nabi dalam melanjutkan perjuangan dan dakwahnya.

“Sungguh ulama adalah pewaris para Nabi. Sesungguhnya para Nabi itu tidaklah mewariskan dinar dan dirham, mereka hanya mewariskan ilmu. Siapa yang mengambil dengannya (ilmu), maka sungguh dia mengambil dengan bahagian yang besar dan sempurna (dari warisan kenabian tersebut).” (HR. Tirmidzi dan Abu Dawud).

Makna Tanbih

Tanbih sendiri berasal dari kata nabbaha yunabbihu yang berarti memberitahukan, mengingatkan, memberi peringatan, menarik perhatian, membangkitkan, menggairahkan dan membangunkan.

Sehingga tanbih bisa dikatakan sebagai peringatan yang mesti mendapat perhatian secara seksama. Tanbih juga mengingatkan mereka yang lalai dan belum sadar.

Selain itu tanbih membangkitkan mereka yang jatuh dan terpuruk serta membangunkan mereka yang tengah tertidur lelap. Tanbih yang dibacakan, diperdengarkan serta dikaji mampu menggairahkan orang untuk mengamalkan dan melestarikan nilai-nilai di dalamnya.


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi