Mengenang Tsunami Aceh dan TD-SUA (bag. 2)

Mengenang Tsunami Aceh dan TD-SUA (bag. 2)

Jakarta –┬áSebelum masuk ke Aceh, tim singgah di Medan untuk mendapatkan briefing akhir, membelanjakan ragam bantuan untuk dibawa ke lokasi bencana, sekaligus bergerak bersama-sama dengan tim di sana menggunakan mobil.

Bantuan dari TNI sangat membantu selama operasi tim di Lhoknga, Blang Bintang dan Mata Ie.

Setiap hari selama 1 bulan difokuskan untuk evakuasi jenazah. Setiap hari tidak kurang 80 jenazah berhasil dikumpulkan untuk dimakamkan dengan baik, sesuai situasi dan kondisi saat itu.

Sebagian tim, menghibur anak-anak yang ditinggal orangtuanya. Begitulah aktifitas sehari-hari dari pagi hingga sore.

Jelang malam, diadakan shalat dan dzikir berjamaah bersama para pengungsi. Prinsip TD-SUA, membantu korban bukan hanya fisik, materi dan mental namun juga spiritual. Di sinilah tasawuf diperkenalkan kembali ke masyarakat Aceh.

Di bulan kedua, tim bekerjasama dengan beberapa pondok pesantren di sana menyelenggarakan PMKBA (Pelatihan Muballigh Konsultan Bencana Alam).

Tujuan dari pelatihan ini adalah membekali para muballigh menjadi konsultan dengan membimbing (mental dan spiritual) korban yang masih membutuhkan pemulihan.

Instruktur yang terlibat selain dua wakil talqin adalah Reza M. Syarief (motivator) dan Ust. Abdul Latief.

Ada dua pimpinan pondok yang tertarik dengan ajaran TQN Suryalaya, Tengku Hasan Muda bin Hamid dari Lamnojaya serta Tengku Sulfanwandi.

Selepas kegiatan TD-SUA di Aceh, mereka ingin berjumpa dengan Pangersa Abah Anom untuk silaturrahim. Alhamdulillah ternyata mereka berdua diangkat oleh Pangersa Guru menjadi wakil talqin.

Tengku Hasan Muda telah wafat. Tengku Sulfan telah mendirikan masjid 3 lantai di Darussalam Aceh Besar yang menjadi basis kegiatan TQN. Saat manaqib tidak kurang dari 1000 jamaah yang hadir.

Terimakasih TD-SUA yang telah membantu pemulihan dan penyembuhan korban tsunami serta mewarnai bumi Aceh dengan dzikrullah. Allah berkahi!

Untuk seluruh korban, al-Fatihah. (Idn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *