Menjadi Calon Pejabat

Seseorang bercerita tentang pengalamannya bersama seorang shalih bernama Bisyr al-Harits.

Suatu hari aku bersama dengan Bisyr. Cuaca ketika sangat dingin. Aku melihatnya telanjang dada dan menggigil kedinginan.

Aku berkata kepadanya, “Abu Nashr, di cuaca dingin seperti ini orang-orang biasanya mengenakan pakaian ekstra. Engkau malah melepas bajumu.”

Bisyr menjawab, “Ya. Aku teringat pada orang-orang miskin. Aku tidak punya uang untuk membantu mereka. Aku sekedar ingin berbagi rasa dengan mereka.”

Andai kepekaan sosial seperti ini dimiliki oleh para pemimpin kita, tentu kemiskinan akan segera terentaskan. Jabatan yang diemban akan menjadi kesempatan untuk membenahi berbagai persoalan rakyat sehingga kesejahteraaan mereka meningkat.

Nyatanya, ini baru sebatas berandai-andai. Tapi, kalau bukan kita yang memulai, siapa lagi. Meski saat ini kita bukan pejabat, mungkin tahun depan. Atau mungkin anak-cucu kita kelak. Maka, mari tanamkan kepekaan sosial pada diri dan keluarga kita. Sebab, suatu saat kita atau anak-cucu kita mungkin akan menjadi pejabat. Jadilah pejabat yang setia pada rakyat.

Oleh: Cecep Zakarias El Bilad

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...