Mudir Aam JATMAN Kunjungi Turki, Jajaki Kerjasama Dakwah Islamiyah

Mudir Aam JATMAN Kunjungi Turki, Jajaki Kerjasama Dakwah Islamiyah

Istanbul – Mudir Aam Jam’iyyah Ahlith Thariqah al-Mu’tabarah an-Nahdliyyah (JATMAN), KH. Wahfiudin Sakam bersama beberapa aktifis dakwah mengunjungi Turki guna jajaki kerjasama dengan beberapa lembaga. Kunjungan selama 8 hari (27/02) hingga (07/03) untuk menemui beberapa lembaga nirlaba yang menaruh perhatian dalam pengembangan dakwah Islamiyah.

Salah satu lembaga yang ditemui adalah Hayrat Yardim, didirikan oleh seorang mursyid tarekat, Syaikh Badiuzzaman Said Nursi. Lembaga yang banyak melakukan aktifitas dakwah melalui pendidikan, ekonomi dan kemanusiaan ini merupakan lembaga sosial terbesar di Turki.

“Kami diterima oleh Presiden Hayrat Yardim, Hakki Haygun ditemani seorang Partner Relation Specialist, Mohammed Bozunogullari,” ujar Latif, redaksi TQNNews yang ikut dalam rombongan.

Aktifitas Hayrat meluas ke berbagai mancanegara, termasuk Indonesia. Dalam bidang pendidikan Hayrat memberikan beasiswa kuliah hingga S2 untuk yatim dan dhuafa serta kursus Bahasa Inggris, Turki dan Arab. Program ini dikerjasamakan dengan Rumah Yatim.

“Sedangkan dalam bidang kemanusiaan, Turki sudah menerima empat juta pengungsi baik dari Suriah maupun Irak, termasuk anak-anak yatim dan dhuafanya,” lanjut Latif menceritakan.

Lembaga lainnya yang dikunjungi adalah SESRIC, lembaga di bawah OKI yang melakukan aktifitas riset dan pelatihan bagi negera-negara muslim. “Kami mengunjungi kantor pusat SESRIC di Kudüs Cad No 9. Oran, Ankara, Turkey dan diterima oleh Dirjen SESRIC, Musa Kulaklikaya,” sambung Latif.

SESRIC adalah kependekan dari Stastical, Economic, and Social Research and Training Centre for Islamic Countries. Dalam kesempatan itu pihak SESRIC banyak menceritakan tentang potensi ekonomi dari negara-negara yang masuk sebagai anggota OKI (Organisasi Kerjasama Islam).

Dalam pertemuan dengan dua lembaga tersebut, setidaknya ada beberapa peluang kerjasama yang mungkin dilakukan seperti penelitian hubungan Turki – Indonesia, dukungan dalam perjuangan dakwah Islam dan ketasawufan, penyebaran donasi quran serta bantuan kemanusiaan dengan pramuka.

Selain kunjungan ke dua lembaga tersebut, Kyai Wahfiudin yang juga sebagai wakil talqin Abah Anom ini dengan tim mengunjungi komunitas tarekat untuk bertukar pandangan dalam mengembangkan dakwah tarekat di era saat ini. (Idn)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.