Orang Tua Wajib Tahu! 5 Tips Supaya Anak Sukses Belajar Daring

Sejak terjadi wabah virus corona (Covid-19) diberlakukan sistem Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Semua stakeholders didorong untuk beradaptasi dan melakukan inovasi dalam proses kegiatan belajar mengajar.

Penerapan pembelajaran daring menuntut kesiapan penyedia layanan pendidikan dan peserta didik itu sendiri. Kemudahan dan kecepatan akses dibutuhkan agar penggunaan teknologi menjadi maksimal. Peserta didik juga perlu menyiapkan diri agar selama proses pembelajaran bisa berjalan efektif.

Berikut 5 tips singkat yang dapat diterapkan peserta didik dalam pembelajaran daring.

1. Mengatur Waktu dengan Baik

Pandu anak kita membuat agenda mulai dari bangun tidur hingga tidur kembali. Ada saatnya untuk belajar, ada saatnya untuk beristirahat, atau juga ada waktunya untuk bermain. Bangun di pagi, jangan lupa mandi dan sarapan sebelum proses PJJ berlangsung agar kondisi lebih segar.

Hindari mengerjakan tugas di menit-menit akhir agar tidak merusak jadwal lainnya. Jangan coba-coba menunda mengerjakan tugas. Sekali menunda akan menjadi kebiasaan. Hasilnya banyak tugas akan terbengkalai, sehingga mengganggu aktivitas harian anak kita.

2. Menjaga Kesahatan

Menjaga kesehatan sangat penting untuk lancarnya proses PJJ. Kondisi sakit bisa mengganggu proses belajar. Ajak anak rutin berolahraga dan konsumsi makanan yang sehat. Tips ini bisa membuat mereka selalu dalam kondisi prima saat belajar.

Jika kita harus ke luar rumah untuk urusan yang sangat penting, pastikan selalu menerapkan protokol kesehatan. Tentu kita tidak ingin pulang ke rumah dalam kondisi tertular virus. Sayangi keluarga.

3. Persiapkan Peralatan yang dibutuhkan

Kita tidak ingin selama proses pembelajaran terjadi kendala teknis. Pastikan semua peralatan seperti laptop atau smartphone dalam kondisi baik. Periksa baterai, charger, mouse. Jangan lupa siapkan alat tulis dan buku catatan untuk mencatat hal-hal penting yang mungkin terlewat. Terlebih jika anak kita senang membuat ilustrasi, wajib adanya kertas dan pena.

4. Fokus, fokus dan fokus

Kesalahan yang sering dilakukan siswa atau mahasiswa, sebagaimana dilansir dari Psychology Today adalah tidak fokus ketika pembelajaran daring. Hindari lokasi yang banyak gangguan.

Sering terjadi putra-putri kita tidak kuat menahan godaan mengakses media sosial, menonton video, dan membaca konten berita secara implusif. Ingatkan anak-anak kita membuat komitmen yang kuat untuk stop dari segala aktivitas yang tidak menunjang selama proses pembelajaran.

5. Dzikrullah

Ilmu datangnya dari Allah SWT. Dia lah yang memberikan pemahaman. Guru menjalankan tugas dan menjadi wasilah kita belajar. Maka menjadi penting selama proses pembelajaran selalu mengaktifkan qalbu dengan dzikrullah.

Kita berharap ilmu yang diterima penuh dengan kemanfaatan. Insya Allah dengan dzikrullah bukan hanya cepat paham namun juga penuh keberkahan.

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...