Pemkab Jepara Gelar Pengajian Tasawuf

Jepara – Pemerintah Kabupaten Jepara kemarin (25/02) menyelenggarakan pengajian umum di pendopo Jl. R. A. Kartini. Pengajian dengan tema “Membumikan Nilai-nilai Sufisme Menuju Jepara Adil dan Makmur” dihelat di pendopo Jl. R.A. Kartini dan dihadiri sekitar 250 orang dari berbagai unsur pemerintahan, TNI, Polri, karyawan pemkab, tokoh agama dan LSM.

Bupati Kabupaten Jepara, Ahmad Marzuki dalam sambutannya menegaskan jika saat ini banyak paham dan aliran yang menyimpang. “Kita harus berpegang teguh pada al-Qur’an, hadis dan ijma para ulama.” tuturnya dihadapan hadirin.

Dr. H. Mashudi, Ketua MUI Kabupaten Jepara dalam paparannya mengingatkan bahwa tasawuf memberikan kontribusi dalam pembangunan masyarakat Jepara. “Nilai-nilai sufisme memberikan kenyamanan dan ketentraman batin,” ungkapnya.

Wakil Ketua Komisi Pendidikan & Kaderisasi MUI Pusat, KH. Wahfiudin Sakam menyambung dengan kajian tentang nafs. Menurut ulama yang juga pengurus lembaga dakwah NU ini menuturkan, untuk belajar tasawuf kita harus memahami konsep diri dalam Islam. “Nafs adalah diri. Dan hakikat diri kita adalah diri yang berwujud ruh,” ujarnya. (Idn)

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...