Pendulum Ramadhan Menuju Hari Kemenangan

Tidak sulit untuk menikmati bulan yang penuh dengan keberkahan, yakni bulan Ramadhan. Bila di sebelas bulan lainnya kita hanya bisa menikmati kesegaran dunia berbalut semu belaka, maka di bulan Ramadhan ini kita bisa mendapatkan kesegaran yang luar biasa layaknya menemukan oase di padang gersang. Kita hanya butuh sebuah pendulum untuk dapat meraih kemenangan di bulan penuh kenikmatan ini. Pendulum yang seperti apa? Jawabnya mudah dan kita semua mampu untuk melakukannya.

Pendulum yang kita perlukan adalah pendulum ramadhan yang mampu membawa kita menuju pada kemenangan baik lahir maupun batin dan juga mampu meningkatkan levelitas keimanan dan ketaqwaan kita. Sebuah pendulum sederhana yang mampu mengajak kita berkomunikasi dengan hati hingga akan berkerucut pada Illahi Rabbi. Adapun kinerja pendulum ramadhan itu adalah sebagai berikut.

Mendeteksi dini perilaku kita

Deteksi dini perilaku itu adalah ‘basic knowledge’ yang memang harus kita ketahui agar mampu menganalisa segala penyakit hati yang hinggap di diri. Penyakit hati inilah yang sering menjadi akar permasalahan hidup, baik individu maupun dalam bersosialisasi atau berinteraksi dengan orang lain. Karenanya pendulum ramadhan dalam diri harus bekerja ekstra dalam berkomunikasi dengan hati.

Menerka sensitifitas orang lain terhadap kita

Setelah kita mampu mendeteksi perilaku kita, ada baiknya kita tak hanya berdiri di depan cermin untuk sibuk mengevaluasi diri sendiri. Kita pun dituntut untuk mampu menganalisa sensitifitas orang lain terhadap kita. Bila yang kita dapatkan adalah hal yang menyenangkan berarti kita telah menjalankan pendulum ramadhan dengan baik, yakni telah sukses menjaga hati dari menyakiti orang lain. Insya Allah ramadhan ini kita mampu beribadah dengan lancar tanpa ghibah mengincar.

Mampu menentukan sikap dengan tepat

Kita diciptakan dengan fitrah sebagai makhluk sosial yang senantiasa membutuhkan bantuan orang lain. Sikap yang tepat dalam melakukan sesuatu menjadi prioritas agar apa yang telah kita putuskan dapat bermanfaat bagi orang lain tanpa merugikan pihak manapun.

Memprediksi segala kemungkinan dalam hidup

Pendulum ramadhan bekerja dengan baik bila langkah-langkah di atas bekerja dengan baik hingga nantinya mampu bersinergi untuk memprediksi segala kemungkinan dalam hidup. Baik atau buruknya sesuatu tergantung niat dan prasangka kita kepada Allah SWT. Oleh karenanya, buatlah hidup kita senyaman mungkin dengan meniatkan segala sesuatunya hanya untuk mengharap ridho Allah SWT tak terkecuali di bulan Ramadhan ini.

Membantu mencari solusi yang terbaik

Ini adalah kerja pendulum ramadhan yang terakhir. Ada baiknya kita mengevaluasi yang telah kita lakukan. Ambil dari sudut pandang positif dan abaikan benalunya dan ringkas hal yang negatif untuk di ambil benang sarinya. Ingat, solusi yang terbaik adalah yang mampu menenangkan kita dengan tidak menyakiti dan merugikan siapapun.

Semoga kerja pendulum ramadhan yang telah diuraikan di atas mampu menjadi jembatan kita untuk menuju gerbang kemenangan yang nantinya akan menjadikan kita pribadi yang bersih dan bersih baik lahir maupun batin.

Oleh: Shafiqah Adia Treest

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...