Penting Kamu Tahu! Ini 6 Kekuatan Setan

Setan ditegaskan oleh al Qur’an sebagai musuh yang nyata. Untuk menghadapi musuh, seyogyanya perlu diketahui apa yang menjadi kekuatannya.

Atas izin Allah, setan mempunyai kekuatan. Dan manusia perlu mengenali apa yang menjadi kekuatan setan. Dengan mengetahuinya, diharapkan manusia jadi lebih waspada terhadap tipu daya serta langkah-langkah setan.

وَلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu. (Al Baqarah: 208).

Mufassir kenamaan, Prof. Dr. M. Quraish Shihab, MA. menyebutkan ada enam kekuatan setan yang disebutkan dalam karyanya Setan dalam Al Qur’an.

Ketersembunyian

Ketersembunyian menjadi ciri khas setan, dan dalam konteks memperingatkan anak cucu Adam, Al Qur’an memberi peringatan agar tidak tergelincir.

يٰبَنِيْٓ اٰدَمَ لَا يَفْتِنَنَّكُمُ الشَّيْطٰنُ كَمَآ اَخْرَجَ اَبَوَيْكُمْ مِّنَ الْجَنَّةِ يَنْزِعُ عَنْهُمَا لِبَاسَهُمَا لِيُرِيَهُمَا سَوْاٰتِهِمَا ۗاِنَّهٗ يَرٰىكُمْ هُوَ وَقَبِيْلُهٗ مِنْ حَيْثُ لَا تَرَوْنَهُمْۗ اِنَّا جَعَلْنَا الشَّيٰطِيْنَ اَوْلِيَاۤءَ لِلَّذِيْنَ لَا يُؤْمِنُوْنَ

Wahai anak cucu Adam! Janganlah sampai kamu tertipu oleh setan sebagaimana halnya dia (setan) telah mengeluarkan ibu bapakmu dari surga, dengan menanggalkan pakaian keduanya untuk memperlihatkan aurat keduanya. Sesungguhnya dia dan pengikutnya dapat melihat kamu dari suatu tempat yang kamu tidak bisa melihat mereka. Sesungguhnya Kami telah menjadikan setan-setan itu pemimpin bagi orang-orang yang tidak beriman. (Al A’raf: 27).

Musuh yang terlihat belum tentu mudah untuk dihadapi, apalagi musuh yang tak terlihat dengan aneka tipu dayanya. Setan bisa membisikkan sesuatu kepada seseorang hingga ia yakin bahwa itu merupakan bisikan yang berasal dari lubuk hati terdalam.

Masuk ke Dalam Diri Manusia

Setan bisa masuk ke dalam diri manusia. “Sesungguhnya setan mengalir dalam diri anak cucu Adam sebagaimana mengalirnya darah. (HR. Bukhari dan Muslim).


Sekarang traktir Tim TQNNEWS gak perlu ribet, sat-set langsung sampe!
https://sociabuzz.com/tqnn/tribe
Terima kasih ya sudah support kami. Salam cinta penuh kehangatan :)
______
Rekomendasi