Perkuat Islam, Bangladesh Akan Resmikan 560 Masjid

Bangladesh semakin menggebrak dalam hal keperdulian terhadap nilai-nilai keislaman. Salah satunya adalah dengan memperbanyak pembangunan masjid.

Diperkirakan, sepanjang tahun 2021 ini Bangladesh akan meresmikan sekitar 560 masjid. Jumlah yang tidak sedikit tentunya, mengingat negeri ini bukanlah Indonesia. Dari jumlah tersebut, dalam waktu dekat ini baru 170 masjid yang akan diresmikan.

“Peresmian ratusan masjid itu akan dilakukan dalam tiga tahap hingga Desember tahun ini, menandai ‘Mujib Year’ yang bertujuan menyampaikan pesan sejati Islam dan menghilangkan kesalahpahaman agama,” ujar Direktur Proyek Pembangunan model 560 masjid dan Pusat Kebudayaan Islam, Md Nazibar Rahman sebagaimana dikutip dari BSS News, Rabu (3/2).

Menurut Nazibar, sebanyak 170 Masjid Model akan diresmikan di seluruh negara dalam tiga fase hingga Desember tahun ini bertepatan dengan ulang tahun seratus tahun Bapak Bangsa, Bangabandhu Sheikh Mujibur Rahman dan perayaan masa keemasan independensi negara.

“Dari jumlah tersebut, 50 masjid akan diresmikan pada tahap pertama, sebelum Ramadhan. Sedangkan 60 lainnya masih dalam proses persiapan dan dijadwalkan diresmikan pada September, sisanya akan diresmikan pada Desember,” ujar Nazibar lebih lanjut.

Sementara itu Wakil Komisaris Sirajganj, Dr Faruq Ahammad mengatakan bahwa pengerjaan masjid dalam tahap pertama ditargetkan selesai sebelum 17 Maret. Selama kunjungan lapangan ke Sirajganj dan Rangpur, lebih dari 80 persen pekerjaan konstruksi Masjid Model dan Pusat Kebudayaan Islam di distrik 4-Storiey di Sirajganj telah rampung.

“Selain itu, lima masjid model lain di Rangpur, termasuk di fase pertama, juga sedang disiapkan untuk diresmikan,” ujar Dr Faruq.

Menurut Dr Faruq, sekitar 91 persen pekerjaan konstruksi Masjid Model dan Pusat Kebudayaan Islam di Distrik 4-Storiey  di Rangpur sudah lengkap.

“Kami berharap untuk menyelesaikan pekerjaan lainnya sebelum peringatan hari kelahiran Bangabandhu (Pendiri Bangladesh),” ujar Dr Faruq lebih lanjut.

Disinyalir, kebijakan membangun ratusan masjid yang dilakukan oleh pemerintah Bangladesh dengan dana sendiri ini adalah yang pertama kali terjadi di dunia.

“Tujuan dari proyek ini adalah publisitas persaudaraan Islam dan nilai-nilainya serta menyebarkan esensi sejati Islam, sekaligus melawan ekstremisme dan militansi, karena agama tidak pernah mendukung mereka,” kata Nazibar.

Selain tujuan di atas, kata Nazibar, proyek ini juga difokuskan untuk membangun struktur organisasi Islam yang kuat dengan mendirikan masjid dan pusat budaya Islam di seluruh negeri.

Rekomendasi
Komentar
Loading...