Pesan Rektor IAILM Saat Wisuda: Hidup Bukan Lagi Persaingan Namun Kolaborasi

Pesan Rektor IAILM Saat Wisuda: Hidup Bukan Lagi Persaingan Namun Kolaborasi

Tasikmalaya – 268 wisudawan-wisudawati Institut Agama Islam dan Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Latifah Mubarokiyah (IAILM/STIELM) Pondok Pesantren Suryalaya pagi ini, Senin (8/10) diwisuda. Acara yang dimulai pukul 08.00 wib di Gedung Serbaguna Sukriya Bakti dihadiri oleh Pimpinan Pondok Pesantren Suryalaya, Pengurus Yayasan Serba Bakti, Kopertais Wilayah II Jawa Barat dan Banten, Kopertis Wilayah IV Jabar dan Banten, serta Muspika Kecamatan Pagerageung.

Dalam sambutannya Rektor IAILM/Ketua STIELM H. Iwan R. Prawiranata SE, MIB, MA. Ph.D., mengingatkan teknologi telah menjadi sarana utama yang sangat menentukan dalam berbagai kegiatan. “Revolusi 4.0 memanfaatkan algoritma digital yang dapat mengerjakan kalkulasi, pemprosesan data, hingga penalaran. Tatasan bisnis berubah secara revolusioner, secara on line dan digital berlanjut kepada robotik dan kecerdasan buatan,” tuturnya.

Tokoh perbankan yang pernah menjabat sebagai direktur di berbagai bank pemerintah ini mendorong wisudawan selalu mengikuti perubahan yang terus terjadi, karena teknologi telah berperan dalam hampir berbagai bidang pekerjaan baik dalam birokrasi, transaksi keuangan, pelayanan, manufaktur. “Dengan kondisi seperti ini kemampuan teknologi informatika menjadi penting. Kita ditantang melengkapi diri dengan kompetensi yang bisa bersaing pada era ini,” sambung ia menjelaskan.

Selanjutnya Iwan R. Prawiranata menjelaskan kompetensi yang perlu dimiliki seperti Creativity and Innovation, Critical Thinking and Problem Solving, Communication, Collaboration. ” Hidup tidak lagi tergantungi pada persaingan. Justru, orang-orang sukses adalah orang-orang yang bisa bekerja sama atau berkolaborasi dengan berbagai kepentingan,” pungkasnya.

Ketua Umum Yayasan Serba bakti (YSB) Pontren Suryalaya Marsekal Muda TNI (Purn) H. Mahpudin Taka memberikan pernghargaan yang setingi-tingginya atas dedikasi dan kerjasama yang baik antara kampus dengan yayasan selama ini. “Semoga  IAILM dan STIELM semakin baik, semakin maju dan berkembang hingga akhirnya dapat terwujud apa yang dicita-citakan menjadi ULAMA sebagaimana yang dicita-citakan oleh Pangersa Abah Anom,” katanya.

Sementara itu sambutan Pengemban Amanah Sesepuh Pontren Suryalaya KH. Zaenal Abidin Anwar yang dibacakan oleh H. Saeful Alam MM, mengucapkan selamat kepada para wisudawan-wisudawati yang berhasil menyelesaikan pendidikannya. “Semoga kehadiran saudara-saudara di tengah maasyarakat memberikan kontribusi nyata untuk kehidupan dan kesejahteraan umat,” (Idn)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.