Pesantren Ulul Albab Yogya Gelar Kursus Tasawuf

Yogyakarta – Pondok Pesantren Ulul Albab Yogyakarta selama dua hari mengadakan kursus tasawuf. Kegiatan yang dikerjasamakan dengan Lembaga Dakwah TQN Yogyakarta dan dua portal media tasawuf TQNNews.com dan Jatman.or.id ini dimulai kemarin Kamis (21/2).

Dalam sambutannya Pengasuh Pesantren Ulul Albab, KH. Ahmad Yubaidi mengatakan masa depan bangsa akan dipimpin oleh generasi muda. “Maka upaya mengembangkan tasawuf untuk generasi milenial menjadi concern kami,” ujar Katib JATMAN Kota Yogyakarta.

Lurah Mujamuju Jemari sangat mengapresiasi kursus tasawuf yang diperuntukan bagi kalangan mahasiswa. Menurutnya generasi muda perlu dikenalkan dengan tasawuf. “Kita perlu bersyukur telah dituntun Allah untuk hadir di acara ini,” ujar aktivis PCNU Yogyakarta.

Pembukaan kurus tasawuf dihadiri tokoh masyarakat. (Foto: Nugraha)

Hari pertama Kiai Wahfiudin menyampaikan materi tentang nafs. “Hakikat nafs atau diri adalah diri yang ruhani. Pusatnya adalah qalbu. Maka untuk mengenal diri menggapai ilahi diperlukan upaya membersihkan qalbu secara terus menerus,” ujar Wakil Talqin Abah Anom.

Selepas shalat zhuhur Kiai Wahfiudin menyampaikan talqin dzikir kepada 40 mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Yogyakarta.

Sesi selanjutnya diteruskan oleh Ust. H. Handri Ramadian dan Ust. H. Andhika Darmawan. Dua narasumber kursus tasawuf TQN Center Jakarta ini menyampaikan materi 3 I (Islam Iman dan Ihsan) dan 3 T (Tilawah Tazkiyah dan Taklim).

Pagi ini, Jumat (22/2) Kiai Dimhari. memaparkan setanologi. Pengasuh Pondok Pesantren Tahfizh Latifah Mubarakiyah, Cangkringan menceritakan awal penciptaan jin dan bagaimana strategi mereka menggoda manusia.

Pondok Pesantren Ulul Albab Balirejo berdiri secara resmi pada tanggal 3 Maret 2013. Didirikan oleh KH. Ahmad Yubaidi, S.H, MH dan keluarga. Beralamat di Jl. Balirejo UH II/531 A, Mujamuju, Yogyakarta. (Idn)

Anda mungkin juga berminat
Komentar
Loading...