Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, KH. Abdullah Syukri Zarkasyi Wafat

Ponorogo – Berita duka kembali menyelimuti tanah air. Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor (PMDG), Ponorogo, Jawa Timur, KH Abdullah Syukri Zarkasyi wafat pada Rabu (22/10) di rumah Gontor pukul 15:50 WIB. 

Almarhum yang lahir pada 19 September 1942, adalah putra pertama salah seorang Trimurti pendiri PMDG, KH. Imam Zarkasyi. Ketertarikannya pada ilmu pengetahuan termasuk pengetahuan agama dimulai sedari kecil. Ia termasuk ulama yang gemar membaca buku dan memiliki semangat tinggi untuk mengembangkan pendidikan yang modern dan bermartabat.

Dikutip dari gontor.ac.id., KH. Abdullah Syukri Zarkasyi menamatkan Sekolah Dasar di desa Gontor pada tahun 1954. Setelah menamatkan Kulliyatu-l-Mu’allimin Al-Islamiyah (KMI) Pondok Modern Darussalam Gontor pada tahun 1960 melanjutkan studi di IAIN Syarif Hidayatullah Jakarta hingga mendapatkan gelar Sarjana Muda tahun 1965.

Gelar Lc. didapat dari Al Azhar University Kairo, Mesir pada tahun 1976. Kemudian melanjutkan studi di lembaga yang sama hingga meraih gelar MA. pada tahun 1978, dan gelar Doctor Honoris Causa pada 2005 dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Putra almarhum, Ust. Riza Azhari M.Pd., mengatakan banyak pelajaran tentang kehidupan yang diwarisi almarhum. “Hidup tak sekedar hidup. Hidup untuk masa depan, kehidupan akhirat,” ujarnya saat menyampaikan sambutan mewakili pihak keluarga sebelum jenazah dishalatkan di Masjid PMDG.

KH. Abdullah Syukri Zarkasyi dimakamkan pagi ini, Kamis (22/10) sekitar pukul 10:00 WIB di pemakaman keluarga di lingkungan Pondok Modern Darussalam Gontor.

Rekomendasi
Komentar
Loading...